Diduga Korsleting, Toko Sembako Banyuwangi Ludas Dilahap Api

Iklan Semua Halaman

Diduga Korsleting, Toko Sembako Banyuwangi Ludas Dilahap Api

25/11/2022

Toko Sembako Banyuwangi Terbakar.(foto: istimewa)

 Banyuwangi (jurnalbesuki.com) - Sebuah toko Sembako yang dikenal masyarakat biasa buka 24 jam ludes terbakar api. Insiden kebakaran toko Madura ini terjadi pada Jumat (25/11/2022) pagi sekitar pukul 06.30 WIB. Beruntung pemilik toko, M Salim (62), berhasil selamat dari kobaran api. Sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.


Kebakaran diketahui pertama oleh Salim yang saat itu hendak memindahkan Bahan Bakar Minyak (BBM) eceran yang sudah terkemas dalam botol kaca ke bagian depan toko. "Tidak tahu api berasal darimana, tiba-tiba saja ada api dan membaar isi toko," tutut Farida (51) istri M Salim menceritakan.


Api yang tidak diketahui asalnya itu dengan cepat membesar dan membakar toko. Bahkan kobaran api semakin menjadi-jadi ketika terdengar ledakan yang diduga berasal dari tabung gas elpiji yang meledak. Toko berlokasi di jalan Progo Kelurahan Singonegaran Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi itu menjadi pusat perhatian massa.


Petugas pemadam kebakaran datang dengan 3 unit kendaraan damkar tidak lama berselang. Petugas yang juga dibantu warga sekitar berjuang memadamkan api. Semuanya bergerak cepat agar kobaran api tidak menjalar keluar bangunan toko karena berada dipemukiman yang sangat padat. 


Setelah api berhasil dipadamkan, Petugas Kepolisian langsung melakukan olah TKP bersama tim INAFIS Polresta Banyuwangi. Belum diketahui secara pasti mengenai penyebab kebakaran ini. "Kemungkinan karena adanya korsleting listrik, tapi masih kita lakukan penyelidikan," terang Kapolsek Banyuwangi, AKP Kusmin.


Berdasarkan keterangan Salim, lanjut Kusmin, saat memindahkan botol kaca berisi BBM eceran, tiba-tiba dia melihat Sambaran api. Namun,  kata Kusmin, Salim  mengaku tidak tahu pemicu api tersebut. "Dia hanya tahu ada sambaran api berasal dari atas," bebernya.


Hingga berita ini ditulis, belum diketahui berapa kerugian yang dialami oleh pemilik toko. Hanya saja seluruh barang yang ada di dalam toko tersebut sudah ludes terbakar."Tadi katanya ada sertifikat di dalam lemari, ini pemiliknya masih mengecek apakah selamat tau tidak," pungkasnya.(aly/hans)