Banjir Ngampelrejo Jember Rendam Ratusan Rumah Warga Hingga Areal Sawah

Iklan Semua Halaman

Banjir Ngampelrejo Jember Rendam Ratusan Rumah Warga Hingga Areal Sawah

28/11/2022


 Jember (jurnalbesuki.com) - Luapan air sungai yang melintas dikawasan Desa Ngampelrejo Kecamatan Jombang Kabupaten Jember Jawa Timur membuat ratusa rumah warga tergenang air hingga ketinggian 1 meter. 


Informasi dari Kepala Desa Ngampelrejo, Nasyihudin menyebutkan banjir terjadi sejak Minggu (27/11/2022) menjelang tengah malam. Masyarakat yang rata-rata sudah istirahat mendadak panik karena air memasuki rumah-rumah warga. 


Nasyihudin menyebut rumah warga yang terendam banjir mencapai 600 KK. "Banjir merendam rumah warga dengan ketinggian variasi, dari 50 cm, 70 cm, bahkan ada yang kurang lebih 1 meter," kata Nasyihudin.


Menurut Kades Nasyihudin, Kejadian banjir itu bukan pertama dialami masyarakat desanya. Sebelumnya sudah pernah terjadi banjir. "Banjir ini akibat Sungai Pladingan yang mampu menampung aliran air yang disebabkan hujan dari berbagai daerah dan akhirnya meluber kesini salah satunya," ujarnya menunjuk arah sungai.


Sungai itu sebenarnya sudah sangat memerlukan normalisasi karena kondisnya sudah tidak memungkinkan untuk menjadi perlintasan air dalam volume luar biasa. Namun sejak banjir dulu hingga saat ini belum pernah dilakukan normalisasi. "Kejadian dulu sekitar tahun 2020 terjadi banjir serupa, tapi ya belum ada tindakan normalisasi sampai sekarang," kata Nashiyudin. 


Tidak hanya kawasan pemukiman warga, Banjir akibat hujan deras berdurasi lama itu juga merendam puluhan hektar areal persawahan disekitarnya. "Kalau dihitung kerugian ya mencapai ratusan juta, karena lahan pertanian yang sedang ditanami padi, jagung dan bengkoang jadi rusak," terang Nasyihudin.(hans)