Rumah dan Uang Tunai Rp12,5 juta Warga Situbondo Hangus Terbakar

Iklan Semua Halaman

Rumah dan Uang Tunai Rp12,5 juta Warga Situbondo Hangus Terbakar

05/09/2022


Situbondo (jurnalbesuki.com) - Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah yang terbuat dari papan kayu milik Sutijo  (55) warga Dusun Bendera Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten  Situbondo Minggu (5/9/2022) dinihari hangus terbakar. Bahkan, kondisinya rata dengan tanah, 


Selain itu, perabot rumah tangga milik korban, uang tunai sebesar Rp12,5 juta, satu unit sepeda motor, dan satu  sepeda onthel  juga ikut hangus terbakar dilalap si jago merah. Dengan total kerugian materi mencapai 40 juta.


Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa kebakaran tersebut. Sebab, begitu mengetahui kobaran api membakar rumahnya, korban langsung membangun istri dan  anaknya. Selanjutnya, mereka langsung semburat keluar rumahnya untuk menyelamat diri.


Diperoleh keterangan, pertama kali kobaran api yang membakar rumah korban diketahui Mamat  (43), salah seorang tetangganya. Saat itu, bapak tiga anak ini hendak ke kamar mandi, dan mengetahui ada kobaran api di rumah korban.


Mendapati rumah milik korban Sutijo  terbakar, Mamat  langsung membangunkan korban dan keluarganya yang  sedang tidur sembari  berteriak minta tolong, sehingga puluhan warga setempat berdatangan ke lokasi kejadian. Tanpa dikomando mereka langsung memadamkan kobaran api, dengan menggunakan alat seadanya.


Kobaran api berhasil dipadamkan sekitar dua jam setelah kejadian. Namun, kondisi rumah korban dan seluruh perabot rumah tangganya diketahui  sudah rata dengan tanah.


"Saya kaget, saat tidur bersama istri dan anak sedang tidur, tiba-tiba dibangunkan salah  seorang tetangga. Pada saat itupula, saya langsung menyelamatkan diri,"ujar Sutijo, Senin (5/9/2022).


Kepala BPBD Kabupaten Situbondo, Zainul Arifin mengatakan, belum mengetahui secara pasti penyebab rumah milik korban Sujito terbakar.


“Dugaan sementara, rumah dan seluruh perabot, serta uang tunai Rp12,5  juta milik korban terbakar, akibat terjadinya korsleting listrik, dengan total kerugian materi mencapai Rp40 juta," kata Zainul Arifin.(fatur)