Fakta untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Buah Nanas, Ini Alasannya!

Iklan Semua Halaman

Fakta untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Buah Nanas, Ini Alasannya!

02/09/2022

 Buah Nanas untuk menurunkan kolesterol (foto.istimewa)


jurnalbesuki.com - Buah Nanas dipercaya sebagai salah satu jenis buah yang bisa menurunkan kolesterol yang diderita seseorang. Keyakinan ini menjadikan banyak orang terutama yang menderita penyakit kolesterol banyak mencarinya. 


Sebagaimana diketahui, Kolesterol Tinggi merupakan masyarakat kesehatan yang patut untuk diwaspadai. Karena kalau dibiarkan, kolesterol akan menjadi penyebab sesorang mengalami penyakit seperti Jantung, Penyumbatan Pembuluh Darah hingga resiko terserang Stroke.


Sebagai bentuk pencegahannya, seseorang dengan kadar kolesterol tinggi bisa memasukkan beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan kadar berbahaya itu dari tubuhnya. Salah satu makanan yang direkomendasikan untuk menurunkan kadar itu adalah Buah Nanas.


Dikutip dari Assaggio pada Jumat tanggal 02 Sepetember 2022 menyebutkan memasukkan buah nanas untuk dikonsumsi dengan pola makan yang benar bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.


Dalam kandungannya, buah nanas merupakan sumber vitamin dan nutrisi yang baik bagi kesehatan dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, nanas juga rendah kalori dan tinggi mineral penting serta tidak termasuk lemak trans atau lemak jenuh. Kemudian, kandungan bromelain pada nanas bisa bermanfaat mengurangi pembekuan darah akibat arteri yang tersumbat serta sirkulasi darah yang terhambat. 


Biasanya masalah tersebut muncul akibat plak yang ditimbulkan kolesterol pada tubuh. Nanas juga kaya akan vitamin C dan memiliki sifat antioksidan. Fungsinya bisa melawan radikal bebas yang mendorong pembentukan plak penyebab aterosklerosis dan penyakit jantung. 


Salah satu cara menikmati buah ini adalah dengan menjadikannya sebagai jus. Dikutip dari WebMd, kandungan penting dari nanas adalah bromelain, enzim yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit.


Penelitian modern telah mempelajari efek bromelain dan mendukung beberapa potensi manfaat kesehatan dari jus nanas. Membuat jus nanas di rumah juga cukup mudah. 


Namun, Anda harus memastikan untuk menggunakan nanas yang sudah matang sepenuhnya karena bisa menjadi racun jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Nantinya, kandungan bromelain di dalamnya dapat memecah gumpalan darah dan simpanan kolesterol di arteri. Hasilnya, akan timbul aliran darah yang sehat dan bisa mengurangi risiko penyakit jantung.(sindonews/hans)