BPS Situbondo Bakal Gelar Resosek, Untuk Memastikan Bansos  Tepat Sasaran

Iklan Semua Halaman

BPS Situbondo Bakal Gelar Resosek, Untuk Memastikan Bansos  Tepat Sasaran

07/09/2022


 

SItubondo (jurnalbesuki.com) - Untuk memastikan seluruh bantuan sosial (bansos) pemerintah tepat sasaran, Badan Pusat Statistik (BPS) Situbondo bakal menggelar registrasi sosial ekonomi (Resosek). 


Kepala BPS Situbondo, Bagas Susilo, mengatakan, petugas nanti akan mendata klasifikasi ekonomi seluruh keluarga yang ada di Kabupaten Situbondo. 


"Sehingga kami mendapat data valid untuk intervensi bantuan sosial. Sebab banyak Bansos yang tidak tepat sasaran,"ujar Bagas Susilo, Rabu (7/9/2022).


Menurut Bagas, fungsi dari Resosek bukan hanya memastikan penyaluran Bansos pemerintah agar tepat sasaran, namun juga untuk menghitung besaran pajak.


 "Untuk itu kita sedang melakukan rekrutmen petugas Resosek sebanyak 1.233 orang. Di antaranya dari unsur perangkat desa dan pegawai kecamatan. Namun ada juga perangkat desa yang tidak mau, dengan alasan menjaga netralitas Pilkades,"bebernya.


Pria yang akrab dipanggil.Bagas mengungkapkan, nantinya para petugas Resosek ini akan melakukan pendataan kepada 250 ribu keluarga di Kabupaten.



 "Fokusnya pendataan kesejahteraan seluruh keluarga di Situbondo. Nanti ada kelas-kelasnya, mulai dari kelas atas, menengah atas, menengah bawah," bebernya.


Dengan begitu, Bagas optimis penyaluran Bansos pemerintah bisa tepat sasaran. "Kalaupun salah ya tidak lebih dari dua persen tau satu persen lah," pungkasnya.(fatur)