Tuntut Kenaikan Harga Gula, Ratusan Petani Tebu Ancam Demo PG Asembagus 

Iklan Semua Halaman

Tuntut Kenaikan Harga Gula, Ratusan Petani Tebu Ancam Demo PG Asembagus 

01/08/2022


 


Situbondo (jurnalbesuki.com) - Ratusan petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat (APTR) Asembagus, Situbondo, mereka mengancam akan melakukan aksi demo ke Pabrik Gula (PG) Asembagus, Situbondo, Jawa Timur.


Ada dua tuntutan yang akan disampaikan  para petani tebu APTR Asembagus, Situbondo. Pertama, menuntut agar PG Asembagus menaikan harga gula. Kedua meminta manajemen PG Asembagus lancar membayar uang gula milik para petani tebu.


Syamsul Arifin (43), salah seorang petani tebu dan anggota APTR Asembagus mengatakan, tuntutan kenaikan harga gula dirinya bukan tanpa alasan, mengingat PG Asembagus sudah direvitalisasi, sehingga PG Asembagus lebih canggih dari sejumlah PG di Kabupaten Situbondo.


"Makanya, kami menuntut kenaikan harga gula ke manajemen PG Asembagus, karena PG Asembagus sudah direvitalisasi,"kata Syamsul Arifin, Senin (1/8/2022).


Menurut dia, dalam aksi demo yang dilaksanakan pada Rabu (3/8/2022) mendatang, pihaknya juga akan menuntut agar manajemen PG Asembagus lancar membayar uang milik para petani tebu.


"Sebelumnya manajemen PG Asembagus membayar uang petani  dalam sepekan dua kali, namun sekarang bisa dua minggu hingga tiga minggu baru dibayar,"bebernya.


Sementara itu, H Juharto,  salah seorang pengurus  ATPR Asembagus mengatakan, APTR hanya mewadahi aspirasi para petani tebu, namun jika aspirasi petani tebu tidak ada respon dari PG Asembagus.


"Kami akan sampaikan tuntutan para petani tebu ke DPRD Situbondo dan Jawa Timur, kami juga merencakan untuk mengadukan tuntutan ini ke direksi dan  ke Gubernur Jatim,"katanya.(fatur)