Rumah Anda Diganggu Kecoa? Ini Cara Ampuh mengatasinya

Iklan Semua Halaman

Rumah Anda Diganggu Kecoa? Ini Cara Ampuh mengatasinya

20/08/2022


 jurnalbesuki.com - Hampir semua penghuni rumah sering direpotkan oleh kehadiran Kecoa. Selain membawa penyakit, Hewan jenis serangka satu ini sering dikaitkan dengan hal yang menjijikkan karena selalu menyenangi tempat yang kotor. 


Kecoa juga sering hinggap dan memakan makanan didalam rumah. selain itu Kecoa juga bisa merusak lapisan kertas dinding, buku hingga barang-barang elektronik didalam rumah. 


Tetapi bukan hal yang tidak bisa diatasi. Kehadiran kecoa dirumah anda bisa diatasi dengan beberapa cara berikut. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengusir kecoa dengan bahan alami dan mudah didapatkan.


Sebagaimana dilansir oleh cnbcindonesia, berikut kami sajikan beberapa cara yang disebut ampuh dan aman untuk mengusir kehadiran kecoa didalam rumah.


Cara aman mengusir Kecoa Secara Alami, Praktis, dan Ampuh:


1. Aroma Daun Salam


Daun salam adalah jenis daun rempah dengan aroma yang sangat wangi. Itulah mengapa daun salam alias bay leaf kerap dijadikan sebagai campuran berbagai bumbu dasar masakan yang sedap.


Di sisi lain, Kecoa juga ternyata sangat membenci aroma dari daun salam ini. Maka dari itu, Anda bisa menggunakannya untuk mengusir kecoa dari rumah.


Caranya cukup mudah, yaitu Anda hanya mengambil daun salam yang sudah kering, lalu remukkan dan tebarkan di sarang kecoa. Jangan lupa juga untuk menempatkan daun salam di area yang kerap dilalui kecoa.



2. Asam Borat


Cara selanjutnya untuk mengusir kecoa yaitu juga bisa menggunakan asam borat. Semprotan asam borat bisa dibeli di toko atau beli secara online. Bahan ini merupakan salah satu bahan terbaik untuk mengusir serangga, seperti kecoa, semut, dan lainnya yang dapat mengganggu Anda.


Caranya yaitu Anda cukup menyemprotkan asam borat ke kecoa. Tetapi, perlu diingat bahwa penggunaan asam borat tidak efektif di lingkungan yang basah. Anda bisa juga dengan menaburkan bubuk asam borat ke sarang kecoa. Bubuk asam borat akan menempel di antena, kaki, dan tubuh kecoa ketika dicerna. Hal ini akan menyebabkan kematian bagi kecoa. Perlu ditekankan, jauhkan asam borat dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.


3. Timun


Selain untuk mengusir semut, timun ternyata juga efektif untuk mengusir kecoa. Cara menggunakannya cukup sederhana, yaitu Anda cukup menyiapkan irisan mentimun, terutama yang pahit, sehingga dapat bekerja lebih baik. Lalu potong mentimun menjadi irisan-irisan kecil dan letakkan di titik masuk serangga yang mungkin ada di dapur.


Alternatif lainnya yaitu Anda cukup meletakkan potongan ketimun yang ada di dalam kaleng aluminium kosong yang sudah dibersihkan. Aroma dari timun tersebut bisa mengusir dan membunuh semut dan kecoa.


4. Soda Kue dan Gula


Campuran sederhana ini ternyata efektif untuk membasmi kecoa. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan sangat mudah, diantaranya:


Bubuk soda kue


Gula


Cangkir atau mangkok


Kemudian, campur soda kue dan gula dengan porsi bagian yang sama. Lalu taburkan di area di mana kecoa muncul, bisa juga di sarang kecoa jika terlihat dan dapat dijangkau.


Perlu dipahami, bahwa soda kue memang tidak beracun seperti asam borat. Tetapi, jika sudah bercampur dengan asam lambung kecoa, maka kecoa akan mati secara perlahan. Cara ini cukup mudah, praktis, ampuh, dan dapat dilakukan di mana saja.


5. Aroma Bubuk Kopi Segar


Selain memiliki rasa yang enak, ternyata bubuk kopi juga memiliki aroma yang wangi dan menyengat. Bagi Anda yang suka minum kopi bisa memanfaatkan cara ini untuk mengusir kecoa.


Caranya mudah, yaitu cukup menaburkan kopi bubuk di ruangan seperti dapur, kamar mandi, atau area lainnya yang sering dilewati kecoa. Perlu ditekankan, bahwa kopi yang digunakan yaitu bubuk kopi hitam, bukan kopi yang telah bercampur gula, susu, maupun krimer.


(sumber:cnbcindonesia/hans)