Muncul Baru Lagi, Virus Langya Dari China, Sudah 35 Kasus Terdeteksi

Iklan Semua Halaman

Muncul Baru Lagi, Virus Langya Dari China, Sudah 35 Kasus Terdeteksi

10/08/2022


 Jakarta (jurnalbesuki.com) - Belum habis COVID-19, virus baru muncul di provinsi wilayah timur China. Terdeteksi sudah ada 35 kasus Langya virus atau Langya henipavirus (LayV) di provinsi Henan dan Shandong.

Sebuah riset berjudul A Zoonotic Henipavirus in Febrile Patients in China dipublikasikan di New England Journal of Medicine, menyebut henipavirus terbaru yang memicu demam pada manusia telah teridentifikasi di China.


Dikutip dari Taipeitimes, riset ini menginvestigasi temuan 35 kasus infeksi akut virus Langya di provinsi Shandong dan Henan, China. Sebanyak 26 kasus hanya terinfeksi virus Langya tanpa infeksi penyerta lainnya.


Gejala yang dialami 26 pasien mencakup:


Demam 100 persen

Fatigue 54 persen

Batuk 50 persen

Hilang nafsu makan 50 persen

Nyeri otot 46 persen

Mual 38 persen

Sakit kepala 35 persen

Muntah 35 persen.

Kondisi lain yang juga dialami pasien mencakup:


Sel darah putih berkurang 54 persen

Jumlah platelet rendah 35 persen

Gagal hati 3 persen

Gagal ginjal 8 persen.


Sementara itu, pusat pencegahan dan pengendalian penyakit (CDC) Taiwan menyebut negara tersebut akan meluncurkan metode tes asam nukleat untuk mengidentifikasi virus ini.


Dirjen CDC Taiwan Chuang Jen-hsiang mengatakan sejauh ini belum ditemukan penularan dari orang ke orang. Sementara itu survey serologi menemukan 2 persen kambing dan 5 persen anjing positif terinfeksi.


Hasil tes terhadap 25 spesies hewan liar menunjukkan bahwa kemungkinan tikus menjadi inang alami virus Langya. Virus ini ditemukan pada 27 persen tikus yang diteliti.(detik/hans)