Benarkah BBM Pertalite Akan Naik Jadi Rp.10.000 ? Ini Jawaban Pertamina

Iklan Semua Halaman

Benarkah BBM Pertalite Akan Naik Jadi Rp.10.000 ? Ini Jawaban Pertamina

22/08/2022


Jakarta (jurnalbesuki.com) - Rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi pada pekan ini membuat banyak masyarakat yang berspekulasi. Kabar yang beredar, harga BBM jenis Pertalite akan naik sekitar Rp. 2.350 atau menjadi Rp. 10.000 per liter. 


Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting memberikan respon dan jawaban terkait kabar tersebut. Pihaknya menyatakan bahwa kenaikan harga BBM bersubsidi itu murni merupakan wewenang pemerintah. 


"Penentuan harga merupakan kewenangan pemerintah. Sementara kami masih menunggu arahan dari pemerintah," ujar Irto Ginting menjelaskan.


Berdasarkan pantauan, hingga saat ini harga Pertalite masih di angka Rp 7.650 sebagaimana ditentukan oleh pemerintah. Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan mengatakan Presiden Jokowi kemungkinan besar akan mengumumkan kenaikan harga BBM subsidi solar dan pertalite pekan depan. 


Oleh karena itu, Luhut meminta masyarakat untuk bersiap-siap kalau nantinya pemerintah secara resmi jadi menaikkan harga pertalite dan solar. Pasalnya, subsidi BBM yang mencapai Rp502 triliun telah membebani APBN.


"Mungkin minggu depan presiden akan mengumumkan mengenai apa dan bagaimana mengenai kenaikan harga ini. Jadi presiden sudah mengindikasikan tidak mungkin kita pertahankan demikian karena harga BBM kita termurah sekawasan dan itu beban untuk APBN," kata dia.(sindonews/hans)