Baru Padam, Tujuh Hari Api Bakar TPA Pakusari Jember

Iklan Semua Halaman

Baru Padam, Tujuh Hari Api Bakar TPA Pakusari Jember

26/08/2022

Foto: istimewa


 Jember (jurnalbesuki.com) - Kebakaran yang terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berlokasi di kecamatan Pakusari Jember Jawa Timur baru mulai padam. Api yang berobar selama tujuh hari lalu itu mulai padam setelah petugas pemadam kebakaran beruturut-turut menyiramkan air ke kobaran api.


"Alhamdulillah api sudah mulai Padam semua perangkat yang memiliki tangki air turun untuk memadamkan api selama tujuh hari di TPA Pakusari," ujar Wakil Bupati Jember, Moch Balya Frijaun Barlaman ketika meninjau langsung lokasi kebakaran, kamis (25/08/2022).


Firjaun menjelaskan kendala yang dialami petugas ketika mengupayakan pemadaman. Menurutnya, Peralatan petugas tidak mampu memasukkan air kedalam tumpukan sampah yang sudah menggunung dan menjadi bara api. "Sehingga diperlukan alat-alat berat. Selain itu faktor angin yang kencang juga berpengaruh," terangnya.


Kebakaran kali ini menurut Firjaun harus menjadi pelajaran kedepan. Oleh karena itu dia menghimbau kepada petugas yang mengelola TPA agar memberlakukan aturan dan pembatasan kepada para pemulung yang masuk lokasi TPA untuk berhati-hati agar tidak menjadi pemicu terjadinya kebakaran. 


Selain itu, pihak Pemkab akan menyediakan alat pemadam semacam Hydrant untuk mengantisipasi penyebab kebakaran agar bisa diatasi lebih cepat. (hans)