Ciptakan Lingkungan Aman dan Ramah Anak, LPA Jatim Perkenalkan Program  SAFE4C

Iklan Semua Halaman

Ciptakan Lingkungan Aman dan Ramah Anak, LPA Jatim Perkenalkan Program  SAFE4C

25/07/2022


Situbondo (jurnalbesuki.com) - Untuk menciptakan lingkungan aman dan ramah anak, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jawa Timur, menggelar sosialisasi program  SAFE4C (Safe and Friendly Environment For Children) di ruang Intellegence Room (IR) di Kantor Pemkab Situbondo, Senin (25/7/2022).


Selain dihadiri Syaifullah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Situbondo, namun kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala DP3APPKB, dan sejumlah pimpinan organisasi pimpinan daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Situbondo.


Ketua LPA Jawa Timur Anwar Salehin mengatakan, selain memperkenalkan  SAFE4C sebagai program UNICEF,  LPA Jawa Timur juga akan melakukan pendampingan di Kabupaten Situbondo.


"Agar Kabupaten  Situbondo tercipta lingkungan aman dan ramah terhadap anak. Selain itu, diharapkan ke depan tidak ada lagi kekerasan terhadap anak di Kabupaten Situbondo,"ujar Anwar Salehin, Selasa (25/7/2022).


Menurut dia, untuk pendampingan awal, pihaknya akan memperkuat gugus tugas Kabupaten Layak Anak (KLA), agar berkoordinasi dengan OPD terkait di Kabupaten Situbondo.


"Selanjutnya, LPA Jatim akan berkoordinasi dan  meninjaun lima desa yang menjadi percontohan, agar membuat Perdes dan forum anak, untuk memberikan  perlindungan dan pemenuhan hak anak,"bebernya.


Anwar Salehin menegaskan, nantinya LPA Jatim juga mendorong Perdes untuk perlindungan anak, untuk menciptakan lingkungan  aman dan ramah anak. Bahkan, juga akan mendukung pencapaian indikator Situbondo sebagai  Kabupaten Layak Anak. Selain itu, pihaknya juga akan merintis terbentuknya LPA di Kabupaten Situbondo.


"Diharapkan, dengan terbentuknya forum anak dan Perdes perlindungan anak di desa itu, saling terintegrasi dari level terbawah yakni desa, hingga kabupaten, provinsi, sampai pusat, permasalahan anak dapat terlayani secara holistic (menyeluruh),"pungkasnya.


Kepala DP3APPKB Kabupaten Situbondo Imam Darmadji mengatakan, pihaknya  menyampaikan apresiasi dan mendukung penuh program SAFE4C yang digagas LPA Jat. Menurutnya, hal ini selaras dengan program Pemkab Situbondo.


"Sebagai bentuk dukungan program SAFE4C yang digagas LPA Jatim, kami menyiapkan lima desa sebagai percontohan, untuk menciptakan lingungan aman dan ramah bagi anak,"katanya.(fatur)