Astaghfirullah, KM Lautan Papua Indah Terbakar di Perairan Paiton

Iklan Semua Halaman

Astaghfirullah, KM Lautan Papua Indah Terbakar di Perairan Paiton

12/07/2022


 Probolinggo (jurnalbesuki.com) - Kapal motor penangkap ikan, KM Lautan Papua Indah terbakar di perairan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Kapal dengan tujuan layar laut Aru, Arafuru, Papua Timur tersebut diketahui berpenumpang 25 anak buah kapal (ABK).

Kasatpol Air Polres Probolinggo AKP Slamet Prayitno membenarkan peristiwa tersebut. Slamet menyebut seluruh ABK dinyatakan selamat dan kebakaran kapal juga telah dipadamkan oleh pihak terkait.


"Benar, KM Lautan Papua Indah tujuan laut Aru Arafuru terbakar saat hendak menampung hasil tangkapan ikan dari KM milik perusahaannya, dan kru kapal total 25 orang semua selamat," kata Slamet, Selasa (12/7/2022).


"Dinas terkait dan semua pihak, serta para nelayan ikut membantu proses evakuasi para ABK dan membantu pemadaman" imbuh Slamet.


Slamet menuturkan KM Lautan Papua Indah itu diketahui terbakar pada Selasa sekitar pukul 14.30 WIB hingga 16.30 WIB. Saat terbakar, kapal memuat total 25 ABK, rinciannya 19 ABK KM Lautan Papua Indah, dan 6 orang ABK titipan kru kapal lain yang sudah di Laut Aru Arafuru.


"Kapal terbakar saat akan berangkat dari Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Probolinggo," tutur Slamet.


Kapal bermesin 425 GT, milik PT Wogikel Papua Jaya Kota Probolinggo itu hingga kini masih dalam proses pemadaman. Total ada 4 kapal kapal Tugboat (TB) yang ikut mengevakuasi dan memadamkan yakni TB JKW Pelita 1, TB Banyak, TB Intan Megah 20, dan TB Bomas Potenza.(detikjatim/hans)