55 Penderita Katarak, Jalani Operasi Gratis di RSD Besuki 

Iklan Semua Halaman

55 Penderita Katarak, Jalani Operasi Gratis di RSD Besuki 

24/07/2022


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Sebanyak 55 penderita katarak, menjalani operasi mata katarak gratis di RSD Besuki, Situbondo. Ini merupakan operasi mata katarak gratis lanjutan, yang dilaksanakan pada 18 Juni 2022 lalu.


Direktur RSD Besuki, Situbondo dr Imam Haryono mengatakan, kegiatan bhakti sosial ini, terlaksana  kerjasama antara  klinik mata tritya Surabaya, Bank Jatim Situbondo, Pomi, Paiton Energy.


"Selain ini, kegiatan bhakti sosial ini, juga didukung oleh Bupati Situbondo,"ujar dr Imam Haryono, Minggu (24/7/2022).


Menurut dia, sebetulnya tercatat sebanyak 68 pasien katarak,  yang akan menjalani operasi mata katarak gratis, namun yang bisa dioperasi hanya 55 pasien katarak.


 


“Namun, dari jumlah sebanyan  68 pasien yang datang, hanya 55 pasien yang bisa operasi. Sebanyak 2 pasien tidak layak operasi karena infeksi pada mata. Sebanyak 11 pasien tidak bisa diambil tindakan operasi karena sakit diabet, darah tinggi yang tidak terkendali, pterigium (tumbuh daging dikornea mata, red),”bebernya.


Imam menegaskan, operasi mata katarak gratis program Gebrak Bersinar ini, didukung oleh sejumlah tenaga medis atau dokter spesialis mata dari Klinik Mata Tritya Surabaya, dibantu oleh perawat di RSD  Besuki, Dinkes Situbondo, serta Puskesmas sekitar.


“Operasi mata katarak gratis ini juga ditunjang dengah alat-alat kedokteran yang canggih. Dalam operasi ini pasien di bagi tiga golongan A, B dan C. Pasien tipe A ini, pasien katarak dengan komplikasi keluhan minimal. Pasien tipe B dengan keluhan minimal dan pasien tipe C dengan keluhan kompleks komplikasi,”pungkasnya.(fatur)