Porprov VII Jawa Timur Resmi Dimulai, Lebih 10.000 Atlet Akan Adu Prestasi

Iklan Semua Halaman

Porprov VII Jawa Timur Resmi Dimulai, Lebih 10.000 Atlet Akan Adu Prestasi

26/06/2022


 Jember (jurnalbesuki.com) - Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jawa Timur (Jatim) VII secara resmi telah dmulai pada tanggal 25 Juni 2022 Kemarin. Artinya, beragam pertandingan antar atlet berprestasi akan diadu hingga terpilih siapa yang terbaik.


Informasi dari penyelenggaran didapat data bahwa atlet se Jawa Timur yang akan mengikuti pertandingan diacara Porprov VII ini mencapai 10.151 orang yang terbagi dalam 47 Cabang Olahraga. Sementara offisial tim berjumlah 823 dan 3.512 offisial cabang olahraga. Total keterlibatan dan kehadiran pada gelar Porprov mencapai angka 14.486 orang.


Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa terang-terangan menyampaikan rasa gembira dan optimis acara akan berlangsung sukses. "Saya optimis Porprov akan menjadi ajang adu prestasi dan pembibitan atlet muda Jatim yang hebat dimasing-masing 47 cabang Olahraga," ujarnya ketika menyampaikan sambutan pada pembukaan Porprov VII di Jember Sport garden (JSG) Jember.


Lebih lanjut, Khofifah mengatakan kegiatan Porprov ini berkontribusi membangun suasana sportivitas di antara para atlet, serta semangat keberagaman tanpa ada batas di antara berbagai suku yang berbeda.


“Dari olahraga, kita ini saling memberikan perlakuan setara, tanpa melihat suku agama dan adat istiadat, olah raga dapat memperkuat persatuan kesatuan serta sportivitas ” tukasnya.


Menjelang pembukaan Porprov Jatim 2022, panitia telah mengecek venue dan 100 persen siap digelar. Dengan demikian, masyarakat dijamin akan larut dalam euforia dan memberikan dukungan bagi para atlet yang akan bertanding.


Dalam pembukaan Porprov Jatim 2022 ini juga dimeriahkan dengan berbagai macam hiburan, seperti penampilan drumband SMA Taruna Brawijaya, senam PERWOSI dan penampilan tari daerah yang diikuti 1.500 penari dengan menampilkan 10 macam tarian di Indonesia.


Uniknya, sebanyak 1.500 orang ibu-ibu juga akan melakukan flash mob bersama di lapangan JSG, sekaligus membuat konfigurasi “Optimis Jatim Bangkit”.


Sedangkan untuk keterlibatan UMKM pada ajang Porprov ini kurang lebih diikuti oleh 850 UMKM beserta ratusan pedagang asongan turut terlibat dalam bazar UMKM. Yang mana mayoritas merupakan warga Jember.


“Porprov Jatim VII 2022 ini diharapkan bisa mendongkrak ekonomi masyarakat setelah dua tahun belakangan terdampak pandemi,” imbuh Khofifah.


Tidak ketinggalan, Porprov Jatim juga akan diisi oleh berbagai penampilan seni. Antara lain dari Watu Ulo, Linkrafin, dan band lokal Jember diiringi semarak pesta kembang api.


Selain itu, juga terdapat kirab api Porprov yang diambil dari Gunung Ijen Bondowoso, lalu dilanjutkan kirab maskot Porprov Jatim VII.


Pelaksanaan kirab api Porprov dan maskot ini dilakukan dengan mengelilingi sebagian tempat di Jember. Khofifah menyebut tujuannya untuk mengajak masyarakat menyongsong kegiatan Porprov Jatim 2022.


Tak lupa, beberapa artis tanah air ikut meramaikan Porprov Jatim, yakni Wandra,Vita Alvia, Nowela, Ragilda Idol, band Kotak.


Khusus Ragilda Idol menyanyikan lagu jingle Porprov Jatim ciptaan Gubernur Khofifah berjudul ‘laga’. Acara ditutup dengan penampilan grup band pop tanah air, Kotak yang membawakan 10 lagu.(hans)