Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu Sejak Juli Hingga Desember 2022

Iklan Semua Halaman

Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu Sejak Juli Hingga Desember 2022

15/06/2022


 Jember (jurnalbesuki.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah secara resmi memulai tahapan pemilu yang dimulai pada Juli 2022 mendatang. 


Menurut Ketua KPU Kabupaten Jember Muhammad Syai'in, tahapan itu sudah diulai secara serentak menyusul ditandai diseluruh Kabupaten/kota se Indonesia. "Kita sudah vidcon bersama dan semalam sudah dilakukan pembukaan tahapan pemilu," ujarnya saat dikonfirmasi di KPU Jember, Selasa 14 Juni 2022 malam.



Dijelaskan Syai'in, tahapan terdekat dalam penyelenggaraan pemilu adalah proses pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu itu sendiri. "Yang terdekat bulan Juli mendatang hingga Desember akan ada pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu," tambahnya.



Selanjutnya, akan dilakukan tahapan pemutakhiran data pemilu yang akan dilakukan oleh KPU di masing-masing Kabupaten/Kota di Indonesia.


"Setelah itu kita verifikasi pemutakhiran data pemilih," tuturnya.


Sampai dengan saat ini menurut Syai'in tidak ada perubahan aturan dan tetap menggunakan Undang-Undang Pemilu nomor 7 Tahun 2017.


"Tidak ada perubahan sampai saat ini jadi masih pakai yang sudah ada dan ini masih relevan," terangnya.


Ia menambahkan, nantinya KPU Jember siap melaksanakan tahapan sesuai dengan yang sudah disiapkan, ditambah lagi akan segera melakukan sosialisasi.


"Kita sudah siap dan akan melakukan sosialisasi pendidikan pemilih," tutupnya.(hans)