Koalisi PKB-PKS Pasangkan Muhaimin-Anies Sebagai Capres Cawapres

Iklan Semua Halaman

Koalisi PKB-PKS Pasangkan Muhaimin-Anies Sebagai Capres Cawapres

12/06/2022


Jakarta (jurnalbesuki.com) - Koalisi yang sedang dijajaki antara Partai Kebangkita bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang disebut Koalisi Semut Merah itu mengusulkan pasangan Muhaimin-Anies sebagai pasangan Capres-cawapres pada pemilu presiden tahun 2024 mendatang.


Usulan itu nampak ramai diperbincangkan karena Wakil ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid mengunggah pasangan tersebut di akun Instagram @jazilulfawaid_real pada Sabtu (11/06/2022).


Dalam unggahan tersebut Jazilul menyebut keduanya sebagai pasangan yang dijagokan jika koalisi Semut merah yang saat ini sedang getol diperbincangkan antara Pimpinan PKB dan PKS. "Bersatu untuk Umat. Bismillah," kata Jazilul melalui akun Instagram @jazilulfawaid_real, Sabtu (11/6). 


Meski demikian, Jazilul menampik sudah ada pembicaraan serius untuk mengusung Cak Imin-Anies. Dia berkata usulan itu ia dapat dari beberapa ulama.


"Ada (kandidat cawapres selain Anies), Jenderal Tito Karnavian dan Jenderal Andika Perkasa," ungkapnya.


Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyatakan niat maju pada Pilpres 2024. Dia sempat menggoda Kolisi Indonesia Bersatu untuk mengusungnya.


PKB juga mulai menjajaki koalisi dengan sejumlah partai. Salah satunya PKS. PKB menamai kerja sama tersebut dengan Koalisi Semut Merah.


"Kalau terjadi koalisi PKB dan PKS, ini sesuatu yang baru maka akan menjadi magnet bagi partai lain untuk ikut. Minimal partai-partai di luar partai-partai gajah. Ini bisa menjadi koalisi semut merah, kecil, tapi berasa," kata Jazilul kepada wartawan, Rabu (08/06/2022).(cnnIndonesia/hans)