Demi Keselamatan, Pengendara Motor Dihimbau Tak Pakai Sandal Jepit

Iklan Semua Halaman

Demi Keselamatan, Pengendara Motor Dihimbau Tak Pakai Sandal Jepit

15/06/2022


 Jakarta (jurnalbesuki.com) - Untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan ketika berkendaraan, pihak kepolisian mengeluarkan himbauan kepada masyarakat umum agar tidak memakai sandal jepit ketika berkendaraan dijalan raya.


Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi menyatakann bahwa himbauan itu untuk memberikan jaminan keselamatan. 


“Karena kalau sudah pakai motor, kulit itu bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin, ada kecepatan, makin cepat makin tidak terlindungi kita, itulah fatalitas,” ucap Irjen Pol Firman Shantyabudi di Polda Metro Jaya, Senin (13/6) seperti dilansir ntmcpolri.info


Ia menjelaskan pentingnya nyawa saat berkendara. Sehingga ia berharap masyarakat dapat lebih peduli dengan perlengkapan saat berkendara guna mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.


“Kalau dibilang sepatu mahal, baju pelindung mahal, ya lebih mahal mana dengan nyawa kita? Tolong itu juga dijadikan pertimbangan sehingga untuk keluar sudah siap dengan perlengkapan yang ada,” imbauannya.


Ia berharap pengendara tak menggampangkan perlengkapan saat berkendara, karena helm berstandar baik serta alas kaki yang benar dapat meminimalisir cedera bila terjadi kecelakaan.


“Ini gunanya helm standard, pakai sepatu, masih banyak yang pakai sandal menggampangkan gitu saja, moga-moga kita tidak termasuk,” tambahnya.


Ke depannya, Firman berharap agar kepatuhan saat berkendara bukan lagi soal ada atau tidaknya petugas di jalan. Namun sudah menjadi bagian dari kesadaran masyarakat saat berkendara.


“Tapi itu bentuk perlindungan kita kepada masyarakat yang ingin kita bangun, sehingga patuh menjadi bagian, bukan lagi karena ada petugas,” tutup Firman.