Buya Arrazy Hasyim Ikhlaskan Putra Balitanya Yang Tewas Tertembak

Iklan Semua Halaman

Buya Arrazy Hasyim Ikhlaskan Putra Balitanya Yang Tewas Tertembak

23/06/2022


 Tuban (jurnalbesuki.com) - Buya Arrazy Hasyim, ulama muda pengasuh lembaga Tasauf Ciputat mengikhlaskan putra keduanya, yang baru berumur 3 tahun meninggal akibat tertembak peluru tajam saat dirumah mertua di Palang Tuban Jawa Timur. Pihak keluarga Arrazy menganggap peristiwa itu merupakan musibah dari Yang Maha Kuasa.


Kasat Reskrim Polres Tuban AKP M Gananta menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan berkaitan insiden itu. Gananta mengatakan kedua orang tua balita itu yakni Buya Arrazy Hasyim dan istrinya Eli Ermawati telah mengikhlaskan kematian anaknya.


"Kami sudah melakukan pemeriksaan dan kedua orang tua tidak menuntut atas kejadian itu. Orangtua mengikhlaskan dan menganggap bahwa peristiwa itu adalah musibah," kata Gananta ketika dihubungi, Rabu (22/6/2022).


Sebagaimana dilansir Detik.com, Peristiwa itu terjadi Rabu siang sekitar pukul 13.00 WIB. Saat itu petugas pemilik senpi yang disebut pengawal Buya Arrazy sedang salat di masjid dan meletakkan senpi miliknya di tempat yang menurut Gananta sudah aman.


"Jadi musibah itu terjadi saat petugas itu salat. Kejadiannya di rumah. Rumahnya itu pas mepet masjid. Petugas itu sudah meletakkan senpi di tempat yang aman," ujar Gananta.


Tidak disangka kakak balita 3 tahun yang menjadi korban itu mampu menjangkau senpi itu dan diduga mengutak-atik kunci senpi itu sehingga terjadilah insiden yang memilukan bagi keluarga Abuya Arrazy itu.


"Senpi itu dibuat mainan kakak kandung korban yang berusia 5 tahun. Sedangkan korban ini usia 3 tahun. Senpi itu sudah di-lock maksimal, sudah safety. Tapi namanya anak kecil rasa ingin tahunya besar," kata Gananta.


Rumah mertua Abuya Arrazy di Desa Palang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban hari ini didatangi warga dalam jumlah cukup banyak. Mereka menghadiri proses pemakaman putra kedua ulama kelahiran Koto, Payakumbuh, Sumatera Barat itu.


Abuya Arrazy Hasyim adalah seorang ulama, mubaligh, sekaligus pengasuh lembaga tasawuf Ribath Nouraniyah Hasyimiyah Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.


Ia juga Dosen Pascasarjana Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) Jakarta serta pengajar hadis dan akidah di Darus-Sunnah Ciputat. Sebelumnya, ia pernah menjadi dosen di Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2012-2019).(detk/hans)