Buntut Hilangnya 2 Dusun, Aliansi Korban Semeru Geruduk Bupati Thoriqul Haq

Iklan Semua Halaman

Buntut Hilangnya 2 Dusun, Aliansi Korban Semeru Geruduk Bupati Thoriqul Haq

24/06/2022


 Lumajang (jurnalbesuki.com) - Sejumlah warga yang mengatasnamakan Aliansi Korban Erupsi Semeru ramai-ramai menemui Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq di kantor Pemerintah Kabupaten. Sesampainya digedung Pemkab, Bupati langsung menemui warga tersebut.


Dipertemuan itu, sejumlah warga mengungkapkan beberapa pertanyaan terkait beberapa perusahaan tambang yang beroperaasi didesa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro yang menurut sejumlah kalangan telah melakukan huma error. Mereka juga mempertanyaan tentang hilangnya dua dusun yaitu Kamar Kajang dan Kampung Renteng apakah bisa ditindak lanjuti sebagai human error.


"Itu tidak serta merta kita harus melakukan pendalaman terlebih dahulu," kata cak Thoriq Kamis, (23/6/2022).


Kemudian para warga tersebut meminta agar perijinan dicabut untuk CV. Duta Pasir Semeru dan PT. LJS karena diduga merusak lingkungan. Bupati Lumajang langsung menanggapi bahwa perusahaan tambang PT. LJS sudah diberikan teguran tiga kali untuk melunasi pajaknya.


Karena tidak digubris, maka rekomendasi itu dikeluarkan agar ijinnya segera dicabut. Sementara dalam pertemuan ini juga terungkap bahwa ijin PT. LJS sudah dicabut ijinnya sejak tanggal 21 Juni kemarin.


"PT. LJS kami rekomendasikan agar dicabut karena menunggak pajak, sedangkan untuk CV Duta Pasir Semeru taat pajak," kata Cak Thoriq.


Kalau ijinnya sudah dicabut PT. LJS dan masih beroperasi, maka pihaknya akan rekomendasikan ke Polres Lumajang untuk diproses secara hukum. "Karena jelas melanggar aturan hukum" tutupnya.(lumajangsatu/hans)