Awas, Rekening Anda Bisa Terkuras Jika Kena Soceng, Ini Modusnya

Iklan Semua Halaman

Awas, Rekening Anda Bisa Terkuras Jika Kena Soceng, Ini Modusnya

18/06/2022


 Jakarta (jurnalbesuki.com) - Modus penpuan terbaru yang mengakibatkan rekening anda terkuras adalah Cocial Engineering (Soceng). Model penipuan jenis bisa mengosongkan rekening korban tidak lebih dari lima menit. 


Biasanya, untuk melakukan aksi penipuannya, pelaku menyamar menjadi pihak resmi jasa keuangan ataue-commerce dan menjebak korban dengan agar memberikan data pribadi yaitu data akun dan data finansial.


“Masyarakat jangan menghiraukan pesan yang menyaru sebagai pihak bank, padahal sejatinya komplotan jahat yang ingin menguras rekening,” ujar Ketua Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Septiaji Eko Nugroho dalam keterangannya, Sabtu (18/6).


Aji menambahkan masyarakat yang menggunakan dompet dan bank digital harus mengetahui prinsip keamanan digital supaya tidak menjadi korban kejahatan, seperti pengambilalihan rekening melalui phising dan social engineering.


 

Ketika ragu, lanjutnya, pastikan menanyakan langsung kepada pihak bank baik ke kantor cabang, melalui hotline resmi, atau mengirim pesan melalui akun media sosial resmi bank yang sudah centang biru.


Mengutip dari postingan Instagram Otoritas Jasa Keuangan (OJK) @ojkindonesia, data-data yang diincar oleh pelaku kejahatan soceng biasanya adalah username, password, nomor kartu kredit atau debit, kode PIN ATM, dan kode OTP.


Berikut ini adalah modus social engineering atau begal rekening yang perlu diwaspadai:


Info Perubahan Tarif Transfer


Di mana penipu berpura-pura sebagai pegawai bank dan menyampaikan informasi perubahan tarif transfer bank kepada korban. Selanjutnya, penipu meminta korban mengisi link formulir yang meminta data pribadi seperti PIN, OTP, dan password.


Tawaran Menjadi Nasabah Prioritas


Penipu menawarkan jasa upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Whatsapp. Nasabah tertarik terhadap tawaran tersebut lantaran promosi yang cukup menggiurkan berupa rendahnya ketentuan minimal tabungan yang harus dimiliki nasabah bank reguler untuk meningkatkan tabungan menjadi Prioritas maupun Solitaire, salah satunya hanya Rp10 juta.


Akun Layanan Konsumen Palsu


Akun media sosial palsu yang mengatasnamakan bank. Akun biasanya muncul ketika ada nasabah yang menyampaikan keluhan terkait layanan perbankan. Selanjutnya, pelaku akan menawarkan bantuan untuk menyelesaikan keluhannya dengan mengarahkan ke website palsu pelaku atau meminta nasabah memberikan data pribadinya.


Tawaran Menjadi Agen Laku Pandai


Saat ini juga terdapat akun di sosial media yang menawarkan menjadi agen laku pandai bank tanpa persyaratan rumit. Pelaku akan meminta korban mentransfer sejumlah uang untuk mendapatkan mesin EDC.(factual/hans)