Awas, Demam Berdarah Sudah Makan Korban Jiwa

Iklan Semua Halaman

Awas, Demam Berdarah Sudah Makan Korban Jiwa

16/06/2022


 Jember (jurnabesuki.com) - Belum selesai kewaspadaan masyarakat terhadap wabah Covid-19, sekarang konsentrasi warga dipaksa bertambah karena serangan Demam Berdarah. 


Penyakit yang dibawa nyamuk itu telah memakan satu korban jiwa didusun Besuki, Desa Sidomekar, Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember Jawa Timur.


Kepala Desa Sidomekar kepada sejumlah wartawan menjelaskan, masyarakat didesanya saat ini sedang sibuk menangkal serangan wabah baru yaitu Demam Berdarah Dengue (DBD). 


“Bu Sulastri meninggal di Rumah Sakit Balung. Trombositnya sudah mencapai di bawah standar. Mudah-mudahan tidak ada warga lain terkena,” kata Kepala Desa Sidomekar Udi Prihwiyanto, ditulis Kamis (16/6/2022).


Tindakan pengasapan yang harus dilakukan secepatnya terkendala peralatan yang tidak dimiliki desanya. "Milik Puskesmas Semboro yang hendak kami pakai ternyata juga sudah rusak,"terang Udi.


Oleh karena itu, pihaknyya mengharapkan Pemerintah Kabupaten Jember secepatnyya bisa turun tangan menyelesaikan problem ini. Langkah itu bisa berupa fogging massal langsung dan disusul dengan memberikan bantuan peralatan fogging kepada seluruh desa dikabupaten Jember.


Sementara ini, penanganan yang dilakukan di Desa Sidomekar yaitu dengan meminta bantuan PMI Jember. "Alhamdulillah pihak PMI langsung menerjunkan tim untuk melakukan pengasapan massal di 50 rumah warga, 2 sekolah, tiga tempat ibadah dan satu kantor," jelas ketua PMI Jember, Zainal Marzuki.(hans)