Adminduk Santri Pondok Pesantren Bisa Diurus Via J-Monalisa

Iklan Semua Halaman

Adminduk Santri Pondok Pesantren Bisa Diurus Via J-Monalisa

29/06/2022


 Jember (jurnalbesuki.com) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jember akan melakukan perekaman adminduk santri-santri yang tersebar diberbagai Pondok Pesantren Jember. Langkah dilakukan sebagai bentuk antisipasi jika para santri belum memiliki administrasi Kependudukan.


Proses perekaman akan dilakukan dengan menggunakan mobil J-Monalisa yang dirancang dan dioperasikan sebagai kelengkapan perekaman Adminduk keliling. 


Kasi Pemanfaatan Data dan Dokumentasi Kependudukan Dispendukcapil Jember Khusnul Mufid mengatakan pihaknya mendapat informasi jika sebenarnya banyak santri yang berniat melakukan perekaman data untuk membuat KTP baru.


"Tetapi proses untuk mendapatkan Adminduk baru ini harus dilakukan oleh santri saat liburan saja, sebab keseharian mereka ada di Pondok Pesantren," ujarnya.


Maka dengan ini, Dispendukcapil melakukan jemput bola kepada Pondok Pesantren agar santri bisa melakukan pengurusan Adminduk tersebut.


"Kami akan jemput bola dengan menurunkan mobil J-Monalisa ke pesantren-pesantren," imbuhnya.


Langkah ini dirasa menjadi salah satu solusi bagi santri yang hendak mengurus KTP, sehingga tidak perlu lagi menunggu waktu liburan.


"Jadi ini bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang akan mengrus KTP baru," terangnya.


Ia menambahkan pihaknya sedang menyusun kembali jadwal operasional mobil J-Monalisa, mengingat jumlah pesantren di Kabupaten Jember sangat banyak. (hans)