Rumah Sakit dr Soebandi Gelar Operasi Katarak Hingga Pasang Bola Mata Tiruan

Iklan Semua Halaman

Rumah Sakit dr Soebandi Gelar Operasi Katarak Hingga Pasang Bola Mata Tiruan

27/05/2022


 Jember (jurnalbesuki.com) - Pemerintah Kabupaten Jember menggelar kegiatan operasi Katarak, Pemberian kacamata hingga pemasangan bola mata tiruan. Kegiatan yang dipusatkan di RS dr Soebandi Jember itu akan berlangsung mulai tanggal 27-30 Mei 2022. 


Bupati Jember Hendy Siswanto mengaku gembira dengan pelaksanaan 3 kegiatan tersebut. Diharapkan kegiatan itu bisa dilaksanakan secara rutin dan berkala di Rumah Sakit daerah itu. 


“Ini tindak lanjut dari kegiatan register (pendataan) warga Jember saat program Jember Hadir untuk Rakyat (J-HUR) dan program pendaftaran masyarakat Jember yang sedang bermasalah dengan mata. Kami tawarkan untuk bisa dioperasi katarak, eliminasi katarak,” kata Hendy, di sela-sela acara.


Data yang dihimpun menyebutkan peserta operasi katarak untuk periode ini mencapai 101 orang, 107 orang mendapatkan kacamata gratis dan 7 orang melakukan pemasangan bola mata imitasi. 


Kegiatan tersebut hasil kerja sama pemkab dengan John Fawcett Foundation dan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami). “Semuanya gratis dan dilaksanakan dengan mobil klinik milik John Fawcett Foundation. Mudah-mudahan kita bisa membeli juga, karena penderita katarak di Jember cukup banyak,” kata Hendy.


Mobil untuk penanganan katarak dibutuhkan, karena pemkab perlu masuk sampai ke pelosok desa. “Sosialisasi kami masih belum masuk ke dalam desa-desa. Kalau masuk ke desa bisa lebih banyak lagi yang mendaftarkan diri,” kata Hendy.


Menurut Hendy, rencananya kegiatan tersebut digelar dua atau tiga kali dalam setahun. “Tapi kami berusaha keras supaya setiap bulan ada kegiatan ini. Kalau kami punya perangkat yang bagus mobile bus seperti ini tentu bisa jemput bola,” katanya.(hans)