Alhamdulillah, Pembangunan RSNU Jember Dimulai, Peletakan Batu Pertama Oleh Ketum PBNU

Iklan Semua Halaman

Alhamdulillah, Pembangunan RSNU Jember Dimulai, Peletakan Batu Pertama Oleh Ketum PBNU

19/05/2022


Jember (jurnalbesuki.com) - Pembangunan Rumah Sakit Nadhlatul Ulama (RSNU) Jember sudah resmi dimulai setelah prosesi peletakan batu pertama dilakukan kemarin sore oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya).


Pembangunan RSNU itu menurut Gus Yahya diharapkan bisa menjadi jawaban atas berbagai problem kesehatan masyarakat NU dan masyarakat umum. "Mudah-mudahan Rumah Sakit NU ini segera terwujud dan memberikan manfaat tidak hanya untuk warga NU, tapi juga masyarakat pada umumnya,” kata Gus Yahya diacara prosesi peletakan batu pertama RSNU, Rabu (18/05/2022) sore.


Kata Gus Yahya, Ketika NU berdiri, kegiatan fokus pada bimbingan agama sehingga kebutuhan umat seperti problem kesehatan dan lainnya masih belum terjamah. "Mungkin dulu para muazis belum terpikir untuk mendirikan rumah sakit, kampus atau bahkan badan usaha milik NU," tuturnya.

Lalu seiring perkembangan dan berjalannya waktu, kebutuhan masyarakat termasuk urusan kesehatan juga dikeluhkan umat kepada para kiai.  "Kalau sekarang NU mendirikan rumah sakit, itu merupakan bawaan dari tradisi kekiaian. Kiai itu rujukan bagi para jamaahnya, apa saja juga mengeluhkan tentang penyakit juga segala macam hajat hidup. Jadi wajar sekarang NU mendirikan rumah sakit," katanya.


Ia mengatakan jika dulu orang sakit datang ke kiai untuk mendapatkan doa, sekarang mereka datang juga untuk mendapatkan perawatan medis di RSNU. "Ada tanggung jawab kepada masyarakat yang mempercayakan masa depan kehidupannya kepada NU. Berdasarkan survei mutakhir Alvara, hasilnya 50,5 persen dari seluruh penduduk Muslim Indonesia mengaku sebagai pengikut NU dan itu harus dilayani," ujarnya.


Gus Yahya menjelaskan tugas utama melayani umat sebenarnya ada di tangan pemerintah karena NU sifatnya adalah membantu program pemerintah, sehingga sekarang saatnya NU membantu pemerintah untuk pelayanan dasar bagi seluruh warga, sehingga Rumah Sakit NU bagian dari itu.(hans)