Tips Agar Karpet Dirumah Selalu Tampak Baru dan Bersih

Iklan Semua Halaman

Tips Agar Karpet Dirumah Selalu Tampak Baru dan Bersih

10/04/2022


 jurnalbesuki.com - Memiliki karpet yang selalu tampak seperti baru tentu diinginkan oleh setiap orang. Namun, apabila kotoran pada karpet maupun tumpahan cairan menumpuk, itu dapat membuat karpet terlihat usang dan kotor. Untungnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar tampilan karpet selalu seperti baru.


Dilansir dari Bob Vila, Sabtu (9/4/2022), berikut ini lima rahasia untuk menjaga karpet tetap terlihat baru.


Menyedot debu di karpet secara teratur


Selain membuat bersih, menyedot debu di karpet secara teratur menggunakan vacuum cleaner juga merupakan kunci untuk memastikan karpet tetap terlihat seperti baru. Menyedot debu satu sampai dua kali dalam seminggu dapat menghilangkan hingga 75 persen kotoran dan serpihan, serta mencegah karpet menua sebelum waktunya.


Segera menyerap tumpahan 


Tumpahan berbagai cairan yang jatuh di permukaan karpet tak dapat dihindari, tetapi cara membersihkannya membuat perbedaan. Baca juga: Antiselip, Ini Tips Mudah Mencegah Karpet yang Sering Bergeser Saat karpet terkena tumpahan apa pun, hal paling penting untuk diingat adalah bekerja dengan cepat dan tidak pernah menggosok noda. Oleskan larutan pembersih ke bagian yang bernoda dengan segera. Semakin lama kamu menunggu, semakin sulit untuk menghilangkan noda. Lalu, bersihkan dengan handuk kertas atau kain bersih karena ini memberi sedikit tekanan pada cairan, membantu menyerapnya alih-alih membiarkannya masuk ke serat-serat karpet.


Pangkas serat atau benang yang menonjol keluar 


Jika serat atau benang permukaan karpet menonjol keluar, jangan pernah untuk menariknya karena itu pasti akan memperburuk masalah. Saat menarik benang atau serat karpet yang mulai menonjol keluar, kemungkinan kamu akan merobek karpet dari bagian belakangnya. Baca juga: Apakah Vacuum Cleaner Efektif untuk Membersihkan Karpet? Daripada menarik serat atau benang karpet yang menonjol, ambil gunting dan rapikan bagian bawahnya untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.


Bersihkan dengan pembersih karpet 


Jika digunakan dengan benar, pembersih karpet bisa menjadi senjata penting untuk memerangi noda karpet. Apakah kamu berurusan dengan urine hewan peliharaan, kopi, teh, atau anggur merah, tuangkan cairan pembersih karpet di area yang bermasalah. Beberapa sapuan dengan kain bersih akan mengembalikan karpetmu ke kejayaan aslinya.


Lakukan pembersihan karpet secara mendalam dengan teratur 


Saat Membeli Karpet Tidak peduli seberapa rajin kamu menyedot debu dan merawatnya, karpetmu akan tetap membutuhkan pembersihan mendalam dari waktu ke waktu. Sangat penting untuk melakukan pembersihan mendalam setiap enam bulan untuk menjaga karpet terlihat segar dan bebas dari kotoran. Untuk hal ini, kamu bisa membawa karpetmu ke layanan profesional pembersih karpet, atau membawa layanan pembersih karpet profesional datang ke rumahmu. Pembersihan uap mengekstrak kotoran yang tertanam dalam serta noda yang tertinggal untuk membuat karpetmu tampak baru.(hans)