Rahasia Kandungan Buah Tin Yang Disebutkan Dalam Al-qur'an

Iklan Semua Halaman

Rahasia Kandungan Buah Tin Yang Disebutkan Dalam Al-qur'an

15/04/2022


 jurnalbesuki.com - Dalam Al-qur'an, buah tin disebut khusus dalam satu surat pendek. Sebagai jenis buah yang disebut langsung oleh Allah dalam kalam-Nya, pasti mengandung rahasia yang luar biasa. 


Bahkan dalam catatan sejarah, ternyata buah tin yang ada sejak jaman kuno sudah biasa diaitkan dengan persoalan kesehatan. Buah Tin di Indonesia khususnya juga dikenal dengan sebuah buah Ara yang merupakan buah istimewa bagi umat Islam karena menjadi salah satu nama surat dalam Al Quran, yakni surat At Tin. 


Kendati kedudukan buah tin dalam Al Quran sangat istimewa, ternyata sama halnya kurma, buah ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, terutama jika dikonsumsi selama menjalankan puasa Ramadhan, baik saat sahur maupun berbuka puasa. Sebab, buah bernama latin Ficus carica ini mengandung banyak nutrisi dan kaya vitamin. 


Lantas apa itu buah tin? 

Buah Tin adalah buah yang memiliki ciri fisik yang cukup unik, yakni menyerupai tetesan air mata. Dikutip dari WebMD, Jumat (15/4/2022), selain dikaitkan dengan manfaat kesehatan, buah tin juga dianggap sebagai simbol kemakmuran. Secara simbolis, buah tin terkait dengan Demeter, dewi pertanian dan kesuburan Yunani, dan menjadi buah yang dipersembahkan kepada dewa Bacchus di zaman Roma kuno.


Buah ara atau buah tin ini, secara teknis merupakan kumpulan bunga terbalik, yang jika dibiarkan, akan mekar dari dalam ke luar. Buah unik tersebut tumbuh di secara umum di Mediterania dan Timur Tengah, lokasi yang panas dan kering, seperti lingkungan di mana kurma tumbuh. 


Apa saja manfaat kesehatan buah tin? 


1. Manfaat buah tin turunkan tekanan darah tinggi Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit, seperti jantung dan stroke. 


Salah satu penyebab hipertensi adalah ketidakseimbangan kalium akibat makanan yang dikonsumsi terlalu banyak mengandung natrium dan tidak cukup kalium. Buah tin adalah salah satu jenis makanan yang kaya kalium dan dapat membantu memperbaiki ketidakseimbangan tersebut. 


Selain itu, manfaat buah tin yang kaya akan kadar serat tinggi dapat membantu membuang kelebihan natrium dari dalam tubuh.


2. Manfaat buah tin sehatkan pencernaan Selama menjalankan puasa Ramadhan, tak sedikit orang akan mengeluhkan masalah pencernaan, mulai dari sembelit maupun diare. 


Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, manfaat buah tin dapat membantu melancarkan dan menyehatkan pencernaan. Sebab, buah ara ini adalah sumber prebiotik yang sangat baik, yang dapat meningkatkan kesehatan usus. 


3. Manfaat buah tin untuk tulang Buah ara adalah sumber kalsium dan potasium yang baik untuk tulang kita. Mineral ini dapat bekerja sama untuk meningkatkan kepadatan tulang, yang kemudian akan dapat mencegah osteoporosis. 


Studi menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan kalium, akan dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi perubahan tulang. Kalsium adalah komponen struktural utama tulang, bahkan peningkatan asupan kalsium telah terbukti dapat memperbaiki struktur mineral tulang pada anak-anak dan remaja.


Oleh karenanya, manfaat buah tin untuk tulang sangat baik untuk meningkatkan kepadatan tulang. Nutrisi dalam buah tin Salah satu manfaat buah tin yang utama, buah ini adalah makanan alami bebas lemak dan bebas kolesterol. 


Sebab, nutrisi buah tin sangat kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh di antaranya mengandung: 

Vitamin A 

Vitamin C 

Kalsium 

Zat besi 

Potasium 

Magnesium 


Kendati buah ara atau buah tin ini sehat, namun perlu diingat bahwa disarankan buah ini dikonsumsi dalam jumlah sedang. Gula dalam buah tin ini akan bertambah dengan cepat, jika Anda mengonsumsinya dengan jumlah yang berlebihan.(kompas.com/hans)