Mengintip Dinamika Musancab PPP Kabupaten Jember, Dilaksanakan Satu Atap Per Dapil Tapi Dinamika Pemilihan Beda-beda

Iklan Semua Halaman

Mengintip Dinamika Musancab PPP Kabupaten Jember, Dilaksanakan Satu Atap Per Dapil Tapi Dinamika Pemilihan Beda-beda

20/04/2022


 Jember (jurnalbesuki.com) - Langkah Maraton Pimpinan DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Jember dalam melaksanakan Musyawarah Anak Cabang (Musancab) untuk 31 Kecamatan menjadi hal unik dan menarik untuk disimak. Kegiatan yang merupakan momen perombakan dan pergantian pengurus anak cabang ditiap kecamatan itu selalu dimulai dengan pembacaan sholawat hingga meminta doa dari anak-anak yatim dikumpulkan dari setiap kecamatan. 


Ketua DPC PPP Kabupaten Jember HM Madini Farouq menyatakan secara tehnis proses Musancab dilaksanakan bersama untuk setiap Daerah Pemilihan (Dapil). Pasalnya, Target instruksi dari Wilayah dan pusat mengharuskan pelaksanan Musancab harus selesai per tanggal 23 April 2022.


"Agar efektif maka kita kumpulkan saja per Dapil dengan tanpa mengurangi kualitas proses Musancab itu sendiri. Alhamdulillah untuk Dapil satu dan Dapil dua sudah selesai dilaksanakan dengan baik," ujar Madini saat dihubungi via telepon seluler, Selasa Malam (19/04/2022).


Dengan demikian, kepengurusan untuk dapil 1 yang meliputi Kecamatan Patrang, Kaliwates, Arjasa, Jelbuk, Sukorambi, Panti, dan Sukowono dan Dapil 2 yang meliputi Kecamatan Kalisat, Ledokombo, Silo dan Sumberjambe sudah selesi dilaksanakan. Artinya kepengurusan baru terutama Ketua dan sekretaris sudah terbentuk. 


"Saya senang dengan dinamika yang terjadi saat Musancab bersamaan ini. Karena meskipun dilaksanakan bersamaan ternyata kesepakatan untuk pemilihan ketua anak cabang dimasing-masing kecamatan tidak sama. Ada yag bersepakat untuk menunjuk secara aklamasi, tapi ada juga yang bersepakat untuk vooting. Kami dari DPC hanya memantau dinamika itu,"teran Pria yang biasa disapa Gus Mamak itu menjelaskan.


Untuk Dapil lain juga akan dikebut dengan model sama. Pelaksanaan akan dipusatkan di Pesantren-pesantren sebagaimana yang sudah disepakati dalam rapat pimpinan DPC beberapa waktu lalu. "Dapil 1 dilaksanakan di PP Riyadlus Sholihin, Dapil 2 dilaksanakan di PP Al Badri Kotok Kalisat, Dan Besok Dapil Tiga akan dipusatkan di PP Mifathul Jannah Mayang lalu dapil empat akan dipusatkan di PP Almubarok Balung," jelas Gus Mamak.(hans)