Mengenali Ciri-ciri Orang Yang Bergaya Hidup Konsumtif

Iklan Semua Halaman

Mengenali Ciri-ciri Orang Yang Bergaya Hidup Konsumtif

01/04/2022

(jurnalbesuki.com) – Seseorang bisa dilihat tipikal kehidupannya dengan memperhatikan atau mengamati gaya hidup kesehariannya. Tentu saja, jika kita berteman dengan siapapun, faktor gaya hidup teman akan memberikan pengaruh juga dalam kehidupan.

 


Gaya Hidup Konsumtif merupakan gaya kehidupan sesorang yang biasanya hobby membeli barang atau jasa secara berlebihan. Kepuasan itu baginya adalah jika bisa membeli barang dan memuaskan hasrat daripada memenuhi kebutuhan. Sehingga kadang barang atau jasa yang dibeli jauh melebihi kebutuhan.



Jika kita tidak bisa mengontrol diri dan terus menerus menjalani gaya hidup konsumtif  tentu itu akan berpengaruh buruk terhadap kondisi finansial kita.


Lalu bagaimana ciri-ciri orang yang memiliki gaya hidup konsumtif?


Berikut adala 4 ciri-ciri orang yang memiliki gaya hidup konsumtif.


 


1. Selalu mengikuti trend



Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin pesat, tentunya akan memengaruhi seluruh aspek kehidupan tidak terkecuali gaya hidup. Jika kita tidak bisa mengontrol diri, tentunya kita akan menjadi seseorang yang konsumtif. Ciri yang satu ini merupakan ciri paling sering kita jumpai, yaitu mengikuti trend gadget,  trend fashion, trend makanan dan minuman, serta trend yang lainnya. Biasanya keinginan untuk membeli muncul setelah melihat atau mengetahui sesuatu yang baru keluar.

 


2. Rasa gengsi



Rasa gengsi juga merupakan faktor pendorong seseorang menjadi konsumtif. Tidak mau ketinggalan zaman dan malu jika tidak mengikuti trend. Jika terus menuruti gengsi akan berpengaruh buruk terhadap diri sendiri. Akibat yang ditimbulkan jika terus mengikuti gengsi adalah bisa membuat kamu capek sendiri, membuatmu gelap mata, dan haus akan pujian. Ayo buang jauh-jauh rasa gengsi yang tinggi itu supaya kita terhindar dari gaya hidup konsumtif. 


3. Senang dipuji


Dipuji merupakan hal yang bisa membuat seseorang menjadi senang dan bangga. Tetapi jika dipuji hanya karena selalu mengikuti trend merupakan hal yang kurang baik. Mengapa kurang baik? Karena itu akan menimbulkan gaya hidup konsumtif dalam diri seseorang, dimana kita harus selalu mengikuti trend supaya dipuji oleh orang lain.×


4. Pilih pilih dalam bersosialisasi 


Manusia merupakan makhluk sosial, dimana manusia harus bersosialisasi atau berinteraksi dengan orang lain. Namun jika kita hanya mau bersosialisasi dengan orang-orang tertentu merupakan hal yang harus dijauhkan. Lingkungan juga sangat memengaruhi gaya hidup seseorang. Mereka yang memiliki gaya hidup konsumtif biasanya pilih-pilih dalam bersosialisasi, karena mereka menganggap jika mereka tidak bergaul dengan orang yang memiliki gaya hidup yang sama, maka akan kurang cocok jika bergaul dengan mereka.


Nah, 4 ciri diatas merupakan ciri-ciri orang yang memiliki gaya hidup konsumtif. (ocie)