Jika Ada Orang Kaya Ambil BLT Minyak Goreng. Laporkan!

Iklan Semua Halaman

Jika Ada Orang Kaya Ambil BLT Minyak Goreng. Laporkan!

09/04/2022


Jakarta (jurnalbesuki.com) - Validtas data penerima BLT Minyak goreng dilakukan dengan menggunakan data  terpadu kesejateraan sosial (DTKS). Sekretaris Jendral Kementrian Sosial, Hary Hikmat menyatakan DTKS aan terus ditingkatkan validitas dan reabilitas ketepatannya agar sasaran penerima bantuan langsung tunai tida salah. 


"Untuk memastikan data itu valid, Kemensos sudah melakukan validasi secara terus menerus. Kalau dulu minimal setahun dua kali, saat ini Menteri Sosial setiap bulan melakukan updating itu sudah berbasis by name by address, dan sudah padan dengan data dukcapil atau NIK (Nomor Induk Kependudukan)," ujar dia dalam media briefing secara virtual terkait Bantuan Langsug Tunai (BLT) Minyak Goreng diikuti secara daring di Jakarta, Jumat (8/4/2022).


Harry mengatakan Kemensos melengkapi DTKS dengan foto dari kondisi rumah, geo tagging, dan juga dilakukan secara langsung pada saat penyaluran bansos ketika program Kartu Sembako dan PKH diluncurkan. Sebab data BLT minyak goreng menggunakan data dari bantuan tersebut.


Jika ada hal yang kurang tepat terjadi di lapangan, Harry mengatakan Kemensos membuka partisipasi masyarakat melalui aplikasi Cek Bansos, yang terintegrasi di dalam sistem informasi kesejahteraan sosial.


Dalam aplikasi tersebut terdapat fitur usul sanggah. "Jadi kalau ditemukan diperkirakan BLT minyak goreng kurang tepat, maka bisa disampaikan sanggah di dalam aplikasi Cek Bansos itu," kata dia.


Usul sanggah juga dapat dilakukan ketika ke depannya masyarakat menemukan keluarga yang sangat miskin dan layak menerima, sehingga perlu diajukan di cek bansos.

"Itu mekanisme yang terbangun di Kemensos untuk menjaga integritas dari DTKS, sehingga bansos yang diterima keluarga miskin betul-betul bisa tepat sasaran, termasuk BLT minyak goreng yang menggunakan data tersebut," kata Harry.(sindonews/hans)