DPRD Situbondo Prihatinkan Nilai E Pemkab Dari Kementrian Keuangan RI

Iklan Semua Halaman

DPRD Situbondo Prihatinkan Nilai E Pemkab Dari Kementrian Keuangan RI

19/04/2022


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Ketua DPRD Kabupaten Situbondo Edy Wahyudi Mengaku sangat prihatin dengan diraihnya nilai E atas Kinerja Pemkab Setempat dibidang pengelolaan keuangan. Nilai E tersebut diberikan oleh Kementerian Keuangan RI atas tatakelola Pemerintahan dilingkungan Pemkab Situbondo.


Edy mengaku kuatir, nilai itu akan sangat berdampak pada Perolehan Dana Insentif Daerah (DID) bagi kabupaten Situbondo. Menurut Edy tidak satupun nilai B diperoleh dari sekian komponen yang dinilai. adahal, pada era pemerintahan sebelumnya, Pemkab Situbondo  selalu mendapat  nilai yang baik dari Kemenkeu RI.


“Kami berharap  kedepan tatakelola pemerintahan  Pemkab  Situbondo lebih baik, sehingga tidak mendapat nilai E, ,”kata Edy Wahyudi, Ketua DPRD Kabupaten Situbondo, Selasa (19/4/2022).


Menurut dia, salah satu kinerja Pemkab Situbondo yang masuk dalam kategori nilai E ada pada bidang tatakelola kemandirian keuangan daerah, bidang pelayanan dasar publik itu, ada angka partisipasi murni, angka akses sanitasi layak. 


“Bahkan, pada bidang penurunan angka penduduk miskin jugs nilainya E. Selain itu, tingkat pengangguran terbuka juga mendapat nilai E,”bebernya.


Pria yang akrab dipanggil Edy menegaskan, jebloknya penilaian tatakelola pemerintahan ini, akan dipastikan berpengaruh terhadap perolehan DID.


 “Jadi, kemungkinan besar  pada tahun mendatang, Pemkab Situbondo  tidak akan dapat DID. Sebab,  beberapa bidang yang masuk dalam penilaian Kemenkeu RI mendapat nilai,"imbuhnya.


Edy mengatakan, karena tatakelola pemerintahan mendapat nilai E,seluruh komisi komisi  di DPRD Situbondo akan melakukan kontrol sesuai dengan  peran dan fungsinya masing-masing. “Misalnya, anggota dewan  akan melakukan fungsi bagutting dan pengawasan pada masing masing OPD mitra kerjanya,  agar kinerja di pemerintah kabupaten ini benar benar bisa maksimal,” bebernya.


 Edy menambahkan, agar tatakelola pemerintahan tidak mendapat nilai E kembali, pihaknya  berharap kepada seluruh pimpinan  OPD dilingkungan Pemkab  Situbondo,  agar benar benar serius dalam melaksanakan tugas dan kinerjanya. 


“Jadi, jangan hanya ikut ke barat ke timur mengikuti kegiatan Bupati. Saya berharap pimpinan  OPD lebih mementingkan tugas dan kerja,  supaya penilaian terhadap kinerja OPD tersebut tidak  jeblok lagi,"pungkasnya.(fbr)