Ceroboh Dalam Perlakuan Alat, Paha Pekerja Asal Randuagung Nyaris Putus Diganyang Gergaji Mesin

Iklan Semua Halaman

Ceroboh Dalam Perlakuan Alat, Paha Pekerja Asal Randuagung Nyaris Putus Diganyang Gergaji Mesin

01/04/2022

Jember (jurnalbesuki.com) – Pemuda 35 tahun bernama Rahmat,  warga asal Randuagung Lumajang mengalami kecelakaan kerja kemarin Siang. Paha kirinya nyaris terpotong akibat gerakan rantai gergaji mesin yang menempel dipahanya. Akibatnya, paha Rahmat mengalami luka menganga dan segera dilarikan ke Puskesmas Sumberbaru.

Ketika dimintai keterangan usai menjalani perawatan medis, Rahmat mengatakan kejadian itu berawal dari ngadatnya mesin gergaji yang dioperasikannya. “Tanpa sadar, saya menempelkan rantai dipaha dan menarik kabel gas mesin,” ujarnya sambil menahan sakit.

Rahmat mengaku, biasanya mesin itu tidak pernah rewel, tetapi ketika dipake untuk memotong pohon sengon dikawasan Sumberbaru Jember kemarin mesin gergaji kayu itu tiba-tiba rewel dan macet. Pekerjaanpun sementara dihentikan olehnya. Kemudian berbekal pengalaman yang telah dialami, Rahmatpun mengutak atik mesin yang telah beberapa waktu menemani mencari nafkah itu.

Ternyata diluar dugaan, akibat kabel gas ditari, mesin potong itu tiba-tiba hidup dan secara langsung rantai yang sedang menempel dipaha kirinya bergerak kencang. Terjadilah kecelakaan mengenaskan itu. “Duh saya seperti bermimpi apalagi saat melihat luka yang dalam dan lihat tulang saya akibat sayatan rantai itu,”ujarnya sedih.(ocie)