Sosok Wanita Lebih Baik Dari Bidadari Sorga Menurut Rasulullah Ternyata Seperti Ini!

Iklan Semua Halaman

Sosok Wanita Lebih Baik Dari Bidadari Sorga Menurut Rasulullah Ternyata Seperti Ini!

02/03/2023

Ilustrasi Wanita Sholihah.(foto:istimewa)

 jurnalbesukicom - Nabi Muhammad Saw pernah menyataka bahwa didunia ini ada sosok perempuan yang kualitasnya lebih baik daripaa Bidadari Surga. Wanita yang dimaksud rasulullah itu disebut memiliki paras sangat cantik dan bersinar seperti cahaya.


Demikian yang tertulis dalam Kitab Tsalatsuna Nahyan Syar'iyan Lin-nisa Washiat Min Washaya Rasul SAW Lin-Nisa yang merupakan karya dari Amr Abdul Mu'min Salim dan Syech Ibrahim Muhammad al Jamal dari Hadits Ummu Salamah.


Dikatakan, wanita dunia akan lebih baik daripada bidadari surga karena amal ibadahnya semasa di dunia. Dari Ummu Salamah, ia berkata, aku pernah bertanya, "Wahai Rasulullah, beritakan kepadaku tentang firman Allah yang berbunyi, 'uruban atraabaa' (surah Al Waqiah: 37)."


Rasulullah SAW menjawab, "Mereka adalah para perempuan dunia yang meninggalnya pada umur tua renta, lalu di akhirat Allah akan menciptakan mereka kembali sebagai perawan. Maka, kata uruban adalah perempuan-perempuan perawan yang menarik, sedangkan makna kata atraban, adalah perempuan-perempuan yang berumur sama."


Kemudian aku bertanya lagi, "Wahai Rasulullah, apakah perempuan dunia lebih baik daripada bidadari surga?"


"Wanita dunia lebih baik daripada bidadari, seperti perbedaan antara baju bagian luar dengan baju bagian dalam," jawab Rasulullah SAW.


"Wahai Rasulullah, mengapa bisa begitu?" tanyaku penasaran.


Lalu Rasulullah SAW menjawab, "Karena salat, puasa, dan ibadah mereka kepada Allah. Kemudian, Allah akan menjadikan kecantikan wajah mereka seperti sinar cahaya, kehalusan tubuh mereka seperti sutra, kulit mereka berwarna putih, pakaian mereka berwarna hijau, perhiasan mereka berwarna kuning keemasan, ikat rambut mereka dari mutiara, dan sisir kepala mereka dari emas."


Lalu perempuan-perempuan yang hadir kala itu bertanya, "Apakah kami akan abadi dan tidak akan mati?" "Apakah kami akan selalu cantik jelita dan tidak pernah tua?" "Apakah kami akan hidup rukun damai dan tidak akan pernah dicerai selama-lamanya?" "Apakah kami akan senantiasa sejahtera dan tidak akan pernah sengsara selamanya?"


"Beruntunglah bagi laki-laki yang di dunia kami menjadi istrinya dan dia menjadi suami kami."


Kemudian, aku bertanya lagi kepada Rasulullah SAW


"Wahai Rasulullah, seorang perempuan di dunia bisa saja pernah menikah dua kali, tiga kali, atau empat kali dengan laki-laki yang berbeda, kemudian ketika si perempuan itu meninggal, ia masuk surga dan begitu juga dengan empat orang suaminya maka siapa yang akan menjadi suaminya di surga nanti?"


Lalu Rasulullah SAW menjawab, "Wahai Ummu Salamah, akhlak yang baik itu akan disertai kebaikan ganda, dunia, dan akhirat." (HR ath-Thabrani)


Dialog Bidadari Surga dengan Wanita Dunia

Imam Syamsuddin Al-Qurthubi dalam Kitab At-Tadzkirah mengatakan, para wanita bani Adam di surga semua usianya sebaya. Berbeda dengan bidadari surga yang memiliki usia berbeda, ada yang muda dan ada yang tua sesuai selera masing-masing penghuni surga.


Ia kemudian menyebut tentang riwayat At-Tirmidzi tentang dialog para bidadari surga dan wanita dunia yang menghuni surga. Dari Ali RA, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,


"Sesungguhnya di surga benar-benar ada perkumpulan bidadari. Mereka bersuara keras-keras, makhluk manapun tidak pernah mendengar seindah suara mereka. Mereka berkata,


'Kami wanita baka, takkan pernah binasa. Kami wanita bahagia, takkan pernah berduka,. Kami wanita ridha, takkan pernah murka. Bahagialah siapa menjadi milik kami dan siapa yang kali menjadi miliknya."


Imam At-Tirmidzi mengatakan hadits tersebut gharib, sedangkan Imam Ahmad men-dhaifkannya dalam Musnad Ahmad.


Berkenaan dengan perkataan bidadari surga tersebut, Aisyah RA juga meriwayatkan, "Sesungguhnya, apabila para bidadari mengatakan seperti itu, maka para wanita mukminat yang berasal dari dunia menjawab,


'Kami wanita bersalat, kalian tak pernah salat. Kami wanita berpuasa, kalian tak pernah puasa. Kami wanita berwudhu, kalian tak pernah berwudhu. Kami wanita bersedekah, kalian tak pernah sedekah.'


Kata Aisyah, "Maka, para wanita mukminat itu pun menang mengalahkan para bidadari."


Wallahu a'lam.


(sumber:detik/hans)