Razia PMKS, Petugas Gabungan Amankan Lima ODGJ

Iklan Semua Halaman

Razia PMKS, Petugas Gabungan Amankan Lima ODGJ

12/12/2022


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Jelang akhir tahun 2022, petugas gabungan antara Dinas Sosial (Dinsos) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Situbondo, melakukan razia terhadap penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di sejumlah titik  di wilayah barat Kabupaten  Situbondo, Senin (12/12/2022).


Hasil razia PMKS disejumlah titik wilayah barat Kabupaten Situbondo tersebut, petugas gabungan berhasil mengamankan lima orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Selanjutnya, para ODGJ tersebut langsung digelandang ke rumah singgah sementara atau shelter di  Kantor Dinsos Kabupaten Situbondo.


Diperoleh keterangan, razia PMKS yang dilakukan petugas gabungan berlangsung cukup menarik. Selain diwarnai aksi   kejar-kejaran antara petugas gabungan dengan puluhan anak punk. Namun, juga diwarnai perlawanan sejumlah ODGJ yang hendak diamankan.


Meski demikian, dalam razia PMKS tersebut,  petugas gabungan hanya berhasil mengamankan lima ODGJ, sedangkan puluhan anak punk berhasil kabur. Sebab, begitu mengetahui petugas gabungan yang datang, puluhan anak punk tersebut langsung kabur.


Kepala Bidang Rehabilitasi Dinas Sosial (Dinsos) Muhammad Syawal, membenarkan sebanyak lima  ODGJ  berhasil diamankan  dalam razia PMKS, yang dilakukan  petugas gabungan antara  Satpol PP dengan petugas  Dinsos Kabupaten Situbondo.


"Untuk sementara, lima ODGJ tersebut ditampung di shelter  Kantor Dinsos Situbondo, sebelum dititipkan di Puskesmas Jiwa di Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo,"ujar Muhammad Syawal, Senin (12/12/2022).


Menurut dia, sebelum diserahkan ke Puskemas Jiwa Mlandingan, Situbondo, para ODGJ yang berhasil diamankan dalam razia PMKS tersebut, mereka  akan dimandikan oleh petugas Kantor  Dinsos Kabupaten Situbondo.


"Bahkan, untuk mengetahui identitas lima ODGJ yang terjaring razia PMKS tersebut besok (Selasa red-), mereka akan dibawa ke Kantor Dispendukcapil Situbondo,"pungkasnya.(ary)