Peringati Hari Ibu, Ratusan Siswa RA dan MTs Nurul Huda Membasuh Kaki Ibunya

Iklan Semua Halaman

Peringati Hari Ibu, Ratusan Siswa RA dan MTs Nurul Huda Membasuh Kaki Ibunya

22/12/2022


Situbondo (jurnalbesuki.com) - Ada cara unik yang dilakukan sekolah Raudlatul Athfal (RA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Dusun Campalok, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, Kabupaten  Situbondo,  dalam merayakan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022, Kamis (22/12/2022).


Bahkan, dalam memperingati Hari Ibu ke-94 tahun 2022, pihak sekolah RA dan MTs Nurul Huda mendatangkan ibu para siswa tersebut  secara serentak. Agar ratusan siswa membasuh kaki ibunya menggunakan air.


Menariknya, air bekas basuhan dari kaki para  ibunya itu, langsung diminum oleh ratusan siswa. Sedangkan egiatan memperingati hari ibu tersebut digelar di halaman sekolah RA dan MTs Nurul Huda.


“Kami sengaja mendatangkan wali murid masing-masing anak untuk mrmbaduh kaki ibunya   serentak tujuannya untuk menanamkan rasa cinta dan kasih sayang siswa kepada orangtua,” ujar Bahri, salah seorang guru MTs Nurul Huda, Dusun Campalok,  Situbondo.


Bahri menegaskan, ratusan murid MTs dan  bersimpuh dihadapan ibunya  mereka masing-masing, sementara sang ibu duduk di kursi yang telah disiapkan.


Sehingga tanpa dikomando, ratusan murid itu meminta maaf dan membasuh kaki ibunya  serentak, saat itu juga isak tangis seorang ibu dan anak  pecah, dalam prosesi pembasuhan kaki.


"Ini merupakan salah satu upaya untuk Mlmenanamkan nilai karakter baik pada usia dini juga penting, dengan adanya ritual ini semoga anak-anak bisa lebih patuh kepada orangtuanya termasuk ibu,” bebernya.


Selain menanamkan nilai karakter kepada murid, pihak sekolah juga mengajari para siswanya jika apapun yang dilakukan termasuk belajar disekolah harus mendapatkan restu dari orangtua.


“Kita juga ingin mengedukasi murid kita bahwa surga berada di telapak kaki Ibu, maka dari itu kita lakukan basuh kaki ibu secara bersama, hal tersebut juga menggambarkan bahwa apapun yang kita lakukan harus mendapatkan ridho dari seorang ibu,” pungkasnya.(ary)