Gunung Semeru Siaga Level Tiga, Warga Diminta Jauhi Hingga 13 Kilometer

Iklan Semua Halaman

Gunung Semeru Siaga Level Tiga, Warga Diminta Jauhi Hingga 13 Kilometer

28/11/2022

Gunung Semeru Erupsi.(foto. detik)

 Lumajang (jurnalbesuki.com) - Status Gunung Semeru pasca mengalami 2x erupsi perhari ini (28/11/2022) dinyatakan siaga pada level tiga. Laporan itu dikeluarkan Lembaga resmi yaitu Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). 


Selain laporan resmi itu, PVMBG juga mengeluarkan rekomendasi agar masyarakat menjauhi titik pusat erupsi gunung semeru hingga 13 Kilometer dan tidak melakukan aktifitas apapun terutama di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan.


"Gunung api terlihat sangat jelas tertutupi kabut 0-II. Asap kawah tidak bisa diamati. Cuaca cerah berawan dan angin lemah kearah utara,' tulis Yuliadi, petugas PVBG pada senin (28/11/2022).


Masyarakat diminta untuk tidak beraktifitas disepanjang tepian sungaiBesuk Kobokan hingga 500 meter. "Sebab berpotensi ada perluasan dan alira lahar hingga 17 Kiloeter dari puncak," tambah Yuliadi dalam tulisannya di situs magma.esdm.go.id.


Sebagaimana diberitakan, Gunung Semeru telah melakukan erupsi kembali pada Sabtu (26/11/2022) sekitar pukul 04.44 WIB. aktifitas erupsi itu terjadi hingga kolom abu mencapai 700 meter diatas puncak gunung.(detik/hans)