Awas, Cacar Monyet Masuk Indonesia, Kemenkes Sebut Potensi Jadi Pandemi Baru

Iklan Semua Halaman

Awas, Cacar Monyet Masuk Indonesia, Kemenkes Sebut Potensi Jadi Pandemi Baru

21/08/2022


 Jakarta (jurnalbesuki.com) - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebut bahwa penyakit Cacar Monyet atau Monkeypox sudah ditemukan terjadi pada pasien sakit di Indonesia. 


Malalui juru bicara Kemenkes, Mohammad Syaril, tidak menutup kemungkinan penyakit cecar monyet menjadi pandemi baru di Indonesia. 


"Namanya juga pandemi bisa habis, muncul lagi dengan pasien baru. Saya kira ini bisa, hal yang biasa seperti halnya pandemi Covid," kata dia, dalam dalam konferensi pers pengumuman pasien pertama cacar monyet, Sabtu (20/8).


Demikian diungkap Mohammad Syahril ketika menjawab pertanyaan para jurnalis terkait apakah penyakit ini akan menjadi pandemi atau tidak. "Bisa saja suatu saat pandemi Covid ini bisa dianggap landai, maka pandeminya akan berakhir. Bisa jadi akan muncul pandemi baru yang kita tidak tahu," lanjut dia.


Sebelumnya, Kementerian Kesehatan merelease temuan bahwa pasien dengan jenis penyakit cacar monyet pertama ditemukan di Indonesia. Pasien itu disebutkan berasal dari DKI Jakarta. Pasien itu disebutkan seorang pria dengan usia 27 tahun dan warga Jakarta. 


Pria tersebut dikonfirmasi memiliki riwayat perjalanan keluar negeri belum lama ini tetapi belum diketahui bepergian kenegara mana.


Penyakit Cacar monyet sendiri pertama terdeteksi di negara non-endemik pada Mei lalu. Seorang pria Inggris terkonfirmasi positif cacar monyet setelah melakukan perjalanan ke Nigeria


Saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan cacar monyet sebagai kondisi darurat kesehatan global. Sejumlah negara juga sudah menetapkan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan.(cnnindonesia/hans)