Jelang Porprov ke-VII Jatim, Obor Api Mulai Dikirab di Situbondo 

Iklan Semua Halaman

Jelang Porprov ke-VII Jatim, Obor Api Mulai Dikirab di Situbondo 

21/06/2022


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-VII Jawa Timur, obor api Porprov diserahterimakan dari Pemkab Bondowoso ke Pemkab  Situbondo, Selasa (21/6/2022).


Serahterima api Porprov ke-VII Jatim tersebut dilaksanakan di perbatasan Situbondo-Bondowoso, tepatnya di halaman Mapolsek Kota, Situbondo. Bahkan, obor api Porprov tersebut langsung diterima oleh Sekdakab Situbondo. “Api Porprov ini diambil dari Kawah Ijen, Bondowoso, lalu diserahkan kepada kami,” ujar Syaifullah.


Obor Api Porprov dikirab dengan puluhan motor dan kendaraan jeep, menuju ujung timur Situbondo, yaitu mulai dari Kecamatan Panji, Kapongan, Arjasa, Jangkar, Asembagus dan Banyuputih, yang merupakan perbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi. "Setiap kecamatan kita berhenti untuk menyerahkan obor api,” ucap Syaifullah.


Menurut dia, sebelum dikirab ke wilayah Kabupaten Situbondo, api obor Porprov akan diinapkan di Pendopo Aryo Situbondo. Besok (Selasa red-)  akan kembali dikirab menuju arah barat Situbondo, hingga ujung perbatasan di Kecamatan Banyuglugur. Disana, api porprov akan dilanjutkan oleh Panitia Besar Porprov Jatim untuk dilanjutkan ke Kabupaten Lumajang.


“Jadi awalnya obor api ini dari Bondowoso, terus ke Lumajang, dan berakhir di Jember. Singgah ke setiap daerah tuan rumah porprov,” bebernya.


Sedangkan malam harinya, akan ada pelepasan kontingen di Pendopo Kabupaten Situbondo, yang akan dihadiri oleh Wakil Bupati Situbondo, dan Forkopimda, KONI Situbondo, dan KONI Jatim, serta 202 atlet yang akan bertanding.


“Kita bertanding di 26 cabang olahraga, dan tersebar di empat kabupaten tuan rumah. Yaitu di Situbondo, Bondowoso, Jember, dan Lumajang,”pungkasnya.(fatur)