Heboh Seorang Pria Menikahi Seekor Kambing Betina Dengan Mas Kawin Rp. 22 Ribu

Iklan Semua Halaman

Heboh Seorang Pria Menikahi Seekor Kambing Betina Dengan Mas Kawin Rp. 22 Ribu

07/06/2022


 jurnalbesuki.com - Lagi-lagi jagad dunia maya kembali heboh karena beredarnya video yang menceritakan kejadia seorang pria menikah dengan seekor kambing secara resmi. Prosesi pernikah berlangsung di Pesanggrahan Kramat Ki Ageng, Desa Jogodalu, Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik Jawa Timur.


Video durasi pendek itu menyajikan tayangan seorang laki-laki bernama Saiful Arif 44) warga Desa Klampok, Benjeng, Gresik menikah dengan seekor Kambing betina yang disimbolkan sebagai anak Sri Kinasih dan diberi nama Sri Rahayu bin Bejo dan disaksikan oleh beberapa orang lengkap dengan Penghulunya.


Video itu menayangkan prosesi layaknya pernikahan antara pasangan manusia. tampak sekelompok orang berpakaian adat Jawa. Mereka menjalankan ritual saat Saiful Arif menikahi domba putih.


"Saya terima nikahnya, Sri Rayahu bin Bejo (domba) dengan mas kawin uang sebesar Rp 22 ribu, serta tunduk, patuh, taat, dan ikhlas atas perintah dan petunjuk dari gusti yang maha suci ini. Demi mempersatukan bumi nusantara, bumi pertiwi, Indonesia tercinta ini," kata Arif dalam video tersebut.


Sang penghulu lantas berteriak kepada masyarakat yang sedang menyaksikan prosesi itu, "Sah?". Orang-orang pun menjawab "Sah" sembari bertepuk tangan. Mereka kemudian mengucapkan selamat kepada pengantin pria dan domba tersebut.


Video tersebut diunggah oleh Arif Saifullah sebagai konten di Youtube dan TikTok. Dalam waktu tak lama, video itupun menjadi viral dan menggemparkan dunia maya. Berbagai komentar berupa keprihatinan dan hujatan bermunculan hingga situasi tidak nyaman.


Bahkan pemangku kebijakan setempat higga pejabat setingkat camat langsung turun untuk mengecek kebenaran video itu. 


Akhirnya pengunggah video langsung melakukan klarifikasi dan menyatakan bahwa konten yang dibagikan itu sama sekali tidak sebenarnya dan hanya merupakan upaya untuk menghibur masyarakat saja. "Kami mengklarifikasi bahwa itu hanya konten, tidak ada niatan dalam membawa atau menyinggung sisi agama manapun," kata Arif di Pesanggrahan Ki Ageng, seperti dikutip detikcom, Senin (06/06/2022).


Pemilik Pesanggrahan Ki Ageng, Nur Hudi Didin Arianto juga meminta maaf kepada publik karena video itu telah membuat gaduh di tengah masyarakat. Menurutnya, ada kesalahpahaman atas video tersebut sehingga membuat publik tak nyaman.


"Kesalahan di video itu menimbulkan ketidaknyamanan di publik. Saya pribadi memohon maaf sebesar-besarnya. Saya tidak bermaksud untuk melecehkan agama dan melecehkan budaya," kata pria yang juga anggota DPRD Gresik itu.


Nur Hudi mengatakan Arif adalah seorang konten kreator yang biasa membuat konten YouTube dan TikTok. Menurutnya, tujuan awal pembuatan konten pria menikah dengan domba adalah untuk meningkatkan kunjungan ke akun media sosialnya.


"Di awal sudah saya sampaikan ke teman-teman, kepada kiai, ini hanya konten supaya mendapat like yang banyak. Sudah saya pesan, jangan sampai ada yang menggunakan bahasa keagamaan apapun. Tapi dalam prosesi (konten) keceplosan dan terlanjur tersebar," ujarnya.(cnnindonesia/hans)