Jelang Liga Ombak Dunia Banyuwangi, Tentara Nasional Alas Purno Sibuk Halau Monyet

Iklan Semua Halaman

Jelang Liga Ombak Dunia Banyuwangi, Tentara Nasional Alas Purno Sibuk Halau Monyet

25/05/2022


 Banyuwangi (jurnalbesuki.com) - Perhelatan Lomba Selancar kelas Dunia yang dilaksanakan di Pantai Plengkung Banyuwangi pada tanggal 28 Mei - 6 Juni 2022 mendatang membuat sibuk pasukan Tentara Nasional (TN) Alas Purwo. 


Mereka sibuk menghalau agar kawanan monyet yang sangat berpotensi mengganggu pelaksanaan lomba. Pengelola Taman Nasional Alas Purwo memasang gambar dan boneka yang menyerupai macan tutul  untuk menghalau gangguan monyet liar di sekitar pelaksanaan liga surfing tingkat international tersebut.


Koordinator Perlindungan dan Pemantapan Wilayah Balai Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi Sucipto mengatakan monyet memang terkenal hewan yang usil.


Monyet mudah penasaran dengan sebuah benda benda yang mencolok termasuk sarana infrastruktur. Sehingga terkadang mereka cenderung merusak.


"Meski tidak sering tapi pernah monyet-monyet itu merusak infrastruktur, termasuk mobil pengunjung," ucap Sucipto saat dikonfirmasi Kabar Rakyat,Rabu (26/05/2022)


Ditambah lagi, monyet di TN Alas Purwo terbilang sudah cukup dekat dengan manusia. Sehingga ketika melihat manusia monyet di sana cenderung mendekat.


"Karena awalnya dikasih makan pengunjung terus mendekat, berebut, dan jadi sebuah atraksi satwa tapi itu sebetulnya gak boleh tapi pengunjung masih ada saja yang melakukan itu sehingga jika tidak dikasih akan merampas plastik bawaan pengunjung atau sesuatu yang mirip dengan makanan," ujarnya.


Pemasangan boneka dan gambar macan, lanjut Sucipto, adalah belajar dari sistem rantai makanan di alam. Dimana monyet ataupun lutung Jawa adalah salah satu makanan dari macan tutul.


"Jadi secara gak langsung monyet akan takut mendekat jika ada gambar atau boneka yang mirip dengan predatornya yaitu macan tutul," tegasnya.


Kendati demikian, biasanya ketakutan monyet itu tidak akan berlangsung lama. Monyet lambat lain akan paham bila tengah diprank.


"Tapi kadang gak bisa bertahan lama, kalo sudah ada monyet di dekatnya, tapi kok macannya gak gerak, lama kelamaan nanti monyetnya sadar kalo diprank. Tapi minimal dalam beberapa hari dia takut untuk mendekat," tandasnya.(kabarrakyat/hans)