NU Memulai Puasa Pada Hari Ahad 03 April 2022

Iklan Semua Halaman

NU Memulai Puasa Pada Hari Ahad 03 April 2022

01/04/2022


 Jember (jurnalbesuki.com) - Pengurus Wilayah NU Jawa Timur mengumumkan permulaan puasa Ramadhan jatuh pada hari Ahad, 03 April 2022. 


Pengumuman itu menyusul surat terbitnya surat Laporan Kegiatan Rukyatul Hilal untuk menentukan awal 01 Ramadhan tahun 1443 Hijriah.  


Surat yang ditandatangi oleh Rais dan Katib Syuriah masing-masing KH. Anwar Manshur dan Drs. KH. Syafrudin Syarif; serta ketua dan Sekretaris Tanfidziah NU Jawa Timur KH. Marzuki Mustamar dan Dr. HM. Hasan Ubaidillah, SHI, MSI itu menjelaskan bahwa pelaksanaan Rukyatul Hilal yang dilakukan pada 29 titik se jawa timur tidak berhasil melihat Hilal. 


"Dengan demikian bulan Sya'ban 1443 Hijriah digenapkan menjadi 30 hari (istikmal)," demikian tertulis pada isi surat tersebut sebagaimana diterima portal berita jurnalbesuki.com


Berdasarkan kenyataan itu, maka PWNU melaporkan kepada pengurus PBNU di Jakarta untuk dijadikan pertimbangan dan mengikhbarkan bahwa tanggal 01 Ramdhan bertepatan dengan hari Ahad tanggal 03 April 2022 Masehi. 


Surat itu juga diitembuskan kepada seluruh pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) se Jawa Timur untuk ditindak lanjuti. (hans)