Cara Menghentikan Kecanduan Pada Gadget Yang Merugikan

Iklan Semua Halaman

Cara Menghentikan Kecanduan Pada Gadget Yang Merugikan

19/04/2022


 jurnalbesuki.com - Kita mengakui bahwa ketergantungan kepada telepon seluler sudah luar biasa. Kecanduan itu juga memberikan fakta bahwa seseorang jauh lebih memilih konsentrasi pada ponselnya daripada memperhatikan situasi sosial disekitarnya. 


Sadar atau tidak, ketika sedang berkumpul dengan teman atau bahkan saudara sekalipun, masih saja tetap berkonsentrasi kepada gadget daripada memilih untuk ngobrol dengan teman satau saudara didekatnya.


Seperti dilansir beritajatim, Phubbing atau kecanduan pada gadget bisa jadi kebiasaan yang punya pengaruh negatif untuk diri Anda sendiri. Jadi, sudah sepatutnya untuk stop dari perilaku phubbing ketika bertemu dengan orang-orang di sekitar.


Phubbing adalah merupakan kepanjangan dari phone phubbing, merupakan sebuah istilah yang digunakan buat perilaku seseorang yang saat sedang berkumpul dengan keluarga atau orang terdekatnya, malah sibuk bermain dengan gadget.


Tindakan ini termasuk tindakan yang negatif, sebab Anda dapat mengabaikan lawan bicara dan mengorbankan kehidupan sosial. Phubbing juga masuk pada tindakan yang gak sopan. Ada beberapa dampak yang bisa terjadi setelah Anda melakukan phubbing ini.


Phubbing dapat merusak hubungan Anda dengan orang lain. Sebab akan ada kemungkinan lawan bicara Anda jadi merasa tersinggung. Parahnya, Phubbing bisa mempengaruhi kemampuan Anda dalam bersosialisasi.


Selain itu juga bisa berpengaruh kepada mental kita sendiri dan membuang waktu percuma. Pada akhirnya perilaku ini menimbulkan pikiran negatif pada lawan bicara kita yang diabaikan


Ciri seorang pelaku phubbing atau biasa disebut phubber antara lain. Pertama, tidak bisa lepas dari ponselnya di tangannya. Kedua, walaupun lepas, pasti ponselnya harus ada di dalam jangkauannya, contohnya tepat di sebelah piring makan saat makan.


Ketiga, merasa gelisah saat tidak memegang gawai. Keempat, tidak fokus jika diajak bicara, karena perhatian terpusat pada gawai.


Kelima, sering melakukan dua pembicaraan sekaligus, dari ponsel dan secara langsung. Keenam, lebih mementingkan obrolan virtual dibanding obrolan secara langsung.


Untuk mengatasi kebiasaan phubbing ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Sebab kecanduan ini berbahaya bagi kehidupan sosial, sehingga harus segera dihentikan.


1. Coba tantang diri sendiri untuk lepas dari ponsel atau detox handphone. Bisa dicoba ketika weekend.


2. Terapkan larangan untuk tidak menggunakan ponsel ketika momen tertentu. Seperti saat sedang makan atau yang lain.


3. Coba buat larangan pada diri sendiri. Lepaskan ponsel saat sedang kumpul keluarga atau bertemu dengan teman.


4. Jika Anda melihat orang lain melakukan hal phubbing di hadapanmu, bisa coba ditegur dengan kalimat yang baik dan santun.

(dkutip dari: beritajatim.com/hans)