Awas, Kurang Minum Air Putih Bisa Sebabkan Terserang Penyakit Mematikan

Iklan Semua Halaman

Awas, Kurang Minum Air Putih Bisa Sebabkan Terserang Penyakit Mematikan

12/04/2022


 jurnalbesuki.com - Pakar kesehatan dan ilmuwan terkemuka mendesak kepada semua orang untuk mengkonumsi minuman air putih minimal 6-8 gelas setiap hari. Apa manfaat dari minum sebanyak itu bagi tubuh manusia? jawabannya adalah untuk menangkal resiko terserang penyait gagal jantung. 


Penyakit keras yang disebut gagal jantung itu akan terjadi ketika jantung tidak mampu memompa darah keseluruh bagian tubuh manusia dengan baik. Ketika hal ini terjadi, biasanya kondisi jantung sudah dalam keadaan lemah atau kaku. Dan kondisi jangka akan memburuk seiring bergeraknya waktu.


Seorang Paar kesehatan bernama Dr Natalia Dmitrieva, sebagaimana dikutip The Sun (11/04) menjelaskan bahwa Gangguan fungsi jantung akan semakin parah jika asupan air sebagai minuman sangat kurang dikonsumsi. Mirip dengan mengurangi asupan garam, minum cukup air dan tetap terhidrasi adalah cara untuk mendukung jantung kita dan dapat membantu mengurangi risiko jangka panjang penyakit jantung," kata Natalia.


Dr Dmitrieva, yang merupakan peneliti di Institut Kesehatan Nasional AS, memimpin timnya yang mempelajari hampir 12 ribu orang dewasa di Amerika. Mereka berusia antara 45 dan 66 tahun yang memiliki catatan kesehatan selama 25 tahun. Mereka tidak menderita gagal jantung, diabetes atau obesitas pada awal penelitian. 


Sekitar 1.366 (11,56 persen) kemudian mengalami gagal jantung, yang lebih sering terjadi seiring bertambahnya usia. Tim menilai, kadar natrium dalam darah, yang meningkat ketika kadar cairan seseorang rendah. Kisaran natrium serum normal adalah antara 135 dan 146 miliekuivalen per liter (mEq/L). Tetapi mereka yang memiliki kadar sekitar 143 mEq/L di usia paruh baya memiliki 39 persen peningkatan risiko gagal jantung, dibandingkan dengan mereka yang kadarnya lebih rendah. Untuk setiap 1 mEq/L peningkatan natrium serum dari kisaran normal, kemungkinan diagnosis naik lima persen.


Data juga menunjukkan bahwa orang berusia di atas 70 tahun dengan kadar natrium 143 mEq/L, 62 persen lebih mungkin mengembangkan hipertrofi ventrikel kiri, penebalan jantung.  Temuan awal menunjukkan hidrasi yang baik dapat membantu mencegah atau memperlambat perkembangan perubahan di dalam jantung yang dapat menyebabkan gagal jantung.   


Cairan sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk membantu jantung memompa darah secara efisien. Untuk itu, tetap terhidrasi sangat penting untuk mendukung fungsi pembuluh darah dan sirkulasi.  Para peneliti merekomendasikan asupan cairan harian 6-8 gelas (1,5-2,1 liter) untuk wanita, dan 8-12 gelas (2-3 liter) untuk pria. Menjalani kebiasaan sehat lain juga dapat mencegah kondisi ini.  Untuk merawat jantung, para ahli menganjurkan untuk melakukan olahraga teratur, tidak merokok, tidak minum alkohol, konsumsi kafein secukupnya dan menjaga pola makan yang sehat. Sedangkan makanan asin, manis dan berlemak, harus dibatasi. (viva/hans)