Ditinggal Mandi di Sungai, 2 Rumah Kakek-Nenek di Situbondo Terbakar

Iklan Semua Halaman

Ditinggal Mandi di Sungai, 2 Rumah Kakek-Nenek di Situbondo Terbakar

19/10/2023

Situbondo(jurnalbesuki.com) - Lupa matikan api ditungku di dapurnya,  dua rumah semi permanen milik dua waga Desa Blimbing, Kecamatan Besuki, Situbondo hangus terbakar. Bahkan, salah satu rumah kondisinya rata dengan tanah.


Ironisnya, dua orang pemilik rumah yang terbakar diketahui sudah tua renta, yakni nenek Parmi (66) dan kakek Syamsu (64). Meski demikian, tidak korban dalam peristiwa kebakaran tersebut, namun kerugian materi diperkirakan mencapai Rp53 juta.


Diperoleh keterangan, sebelum dua rumah milik kakek dan nenek terbakar, nenek Parmi memasak air untuk membuat kopi  menggunakan tungku di dapurnya. Selanjutnya, nenek yang diketahui hidup sebatangkara itu,  pergi ke sungai untuk mencuci baju dan mandi.


Nah, saat nenek Parmi mandi di sungai, kobaran api dari tungku menyambar dinding dapur korban yang terbuat dari gedek. Namun, saat kejadian angin bertiup sangat kencang, sehingga kobaran api merembet ke rumah milik tetangga dekatnya, yakni rumah milik kakek Syamsu.


"Begitu mengetahui ada kobaran api, saya langsung berteriak minta tolong, sehingga dengan kekompakan puluhan warga, kobaran api berhasil dipadamkan menggunakan alat seadanya,"ujar Ribu Nanik, salah seorang tetamgga dekat korban, Kamis (19/10/2023).


Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Situbondo Sruwi Hartanto mengatakan, penyebab kebakaran tersebut, karena nenek Parmi lupa untuk mematikan tungku, sehingga kobaran api dari tungku menyambar dinding dapur korban yang terbuat dari gedek.


"Kerugian materi akibat kebakaran tersebut mencapai Rp53 juta, karena salah satu rumah kondisinya rusak total,"kata Sruwi Hartanto.(ary)