Doa dan Bacaan I'tikaf Yang Sebaiknya Diamalkan Saat Dimasjid

Iklan Semua Halaman

Doa dan Bacaan I'tikaf Yang Sebaiknya Diamalkan Saat Dimasjid

07/04/2022


 jurnalbesuki.com - Anjuran yang sangat populer untuk dilakukan ketika bulan Ramadhan adalah melakukan i'tkaf dimasjid. Biasanya dimasjid melakukan kegiatan sholat sunnah dan dzikir serta doa-doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT. 


Ada syarat dalama melaksanakan i'tikaf yang harus diketahui oleh umat muslim. Syarat-syarat itu adalah Seseorang yang beri'tikaf harus muslim, Mumayyiz (dewasa dan mampu membedakan antara perkara benar dan salah, baik dan buruk), suci dari hadats baik kecil, junub maupun nifas. 


I'tikaf dimasjid biasa banyak dilaksanakan ketika 10 hari terakhir bulan ramadhan. Biasanya masyarakat muslim banyak keluar rumah dan mencari masjid untuk melakukan i'tikaf. 


Bacaan Doa Itikaf


Dikutip dari buku berjudul Amalan-amalan untuk Mempercepat Datangnya Rezeki oleh Nasrudin (2017:95) tentang untuk melaksanakan itikaf, yaitu sebagai berikut.


“Nawaitu i’tikaafa fii hadzaal masjidi sunnatal lillaahi ta’aala.”


Arti bacaan di atas yaitu, “Saya niat i’tikaf di masjid ini, sunah karena Allah ta’ala.”

Amalan yang Dikerjakan Saat Itikaf

Itikaf merupakan salah satu ibadah penyerahan diri kepada Allah SWT. Itikaf termasuk amalan yang sangat dianjurkan, terlebih di bulan Ramadhan. Saat melaksanakan itikaf, terdapat berbagai amalan yang bisa dikerjakan, yaitu sebagai berikut.

1. Melaksanakan Sholat.

2. Perbanyak Dzikir dan Membaca .

3. Perbanyak Membaca dan Mempelajari Al Quran.

4. Perbanyak Berdoa dan Bermunajat kepada Allah SWT.


Keutamaan Itikaf


Dikutip dari buku berjudul Mujahadah di Siang Hari Meraup Pahala di Saat Sibuk oleh Ustadz Enjang Burhanudin Yusuf, M.A. (2018:116) penerbit Qultum Media menjelaskan tentang keutamaan itikaf. Terdapat banyak keutamaan melaksanakan itikaf, 2 diantaranya sebagai berikut.


1. Didoakan Ampunan oleh Malaikat


Keutamaan melaksanakan itikaf yang pertama yaitu didoakan ampunan oleh malaikat. Hal ini terdapat dalam hadits yang artinya, “Tidaklah seseorang di antara kalian duduk menunggu salat, selama ia berada dalam keadaan suci, melainkan para malaikat akan mendoakannya, ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah, sayangilah ia.” (HR. Ahmad)


2. Diampuni Dosa-dosanya yang Telah Lalu

Keutamaan melaksanakan itikaf yaitu diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Hal ini terdapat dalam hadits yang artinya, “Barangsiapa yang beri’tikaf dengan penuh keimanan dan mengharap (pahala) maka dia akan diampuni dosa-dosa yang telah lalu.” (HR. Dailami)

Itikaf merupakan salah satu amalan ibadah yang sangat dianjurkan. Saat melaksanakan itikaf, kita bisa melakukan banyak hal, mulai dari sholat hingga perbanyak berdoa. Setelah mengetahui bacaan doa itikaf, semoga membuat kita semakin istiqomah dan khusyuk dalam beribadah.(kumparan.com/hans)