Persiapkan Dari Sekarang, CPNS dan PPPK Dibuka Lagi Bulan Juni 2023

Iklan Semua Halaman

Persiapkan Dari Sekarang, CPNS dan PPPK Dibuka Lagi Bulan Juni 2023

28/01/2023


 Jurnalbesuki.com - Kabar terbaru dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyebutkan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dibuka pada bulan Juni 2023 medatang.


Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) PANRB, Alex Denni mengatakan bahwa seleksi akan dibuka untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). "Iya nanti bulan Juni 2023" ujarnya saat ditemui di Hotel Grand Sahid Raya, Jakarta Pusat, Jumat (27/1/2023).


Meski seleksi PPPK 2022 belum selesai, namun Alex menjamin segala prosesnya akan dijalankan secara paralel. Bahkan, kini pihaknya telah selesai menyusun kalender seleksi CASN tersebut.


Alex juga mengatakan, seleksi akan dimulai lebih cepat dibanding tahun lalu. Ditargetkan pada April ini, penetapan formasi akan mulai diumumkan, sehingga pada kuartal III-2023 atau tepatnya Juni pengumuman pembukaan seleksi CPNS dan PPPK dapat dimulai.


"Sudah ada kalender. Target kita April sudah ada mulai penetapan formasi. Jadi target kita lebih awal dari tahun lalu. Tahun lalu kan baru Oktober Q3, sekarang Q2 masuk formasi sudah ditetapkan, dan Q3 baru kita sudah mulai eksekusi," katanya.


Sementara saat ditanya menyangkut kisaran jumlah formasi yang akan dibuka, Alex menolak untuk menjawab jumlah pastinya. Tapi ia menekankan, jumlah formasi akan lebih banyak dibandingkan dengan yang dibuka tahun lalu.


"Insyaallah April kita bungkus (jumlah formasi). Clue-nya lebih banyak dari tahun ini. Karena tahun ini kan kita target menyelesaikan THK II (tenaga honorer K2), Non ASN dan lain-lain," ungkapnya.


Selain itu, Alex juga menyampaikan, anggaran kebutuhan seleksi telah selesai disepakati oleh kementerian terkait dan tengah dicek ulang oleh tiap-tiap instansi daerah. Bahkan, ia mengaku sudah menyiapkan tim khusus lintas kementerian untuk membuat soal tes seleksi.


"Tim sudah siapin soal. Kemarin sudah Kemendikbud, Kemenkes, dengan BPK, dengan BRIN, BSSN, selaku Panselnas (Panitia Seleksi Nasional), dengan BKN tentunya," ujar Alex.(detik/hans)