Korban Laka Tong Edan Ambulu Alami Cidera Gegar Otak

Iklan Semua Halaman

Korban Laka Tong Edan Ambulu Alami Cidera Gegar Otak

27/07/2022


 Jember (jurnalbesuki.com) - Satu dari tiga korban luka akibat tertimba Motor RX yang digunakan pada atraksi Tong Edan di Wahana Hiburan Pasar Malam di alun-alun Ambulu mengalami cidera gegar otak dan saat ini sedang ditangani oleh dokter specialis bedah syaraf. 


Tetapi saat ini korban sudah dipindah keruang perawatan karena kondisinya sudah stabil walaupun tetap dalam pantauan dokter yang menangani karena cidera otak yang dialami. 


"Benar, korban masuk di IGD tadi (kemarin) malam, kemudian korban saat ini sudah dipindah ke ruang perawatan di RSD dr. Soebandi. Kondisi korban saat ini Alhamdulillah stabil, dan sudah sadar," kata Kepala Instalasi Humas dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSD dr. Soebandi Jember drg. Septyono Hariawan, Sp. Perio, Selasa (26/7/2022).


Korban diketahui bernama Muhammad Syaifudin, Warga Dusun Utara, Desa Pontang, Kecamatan Ambulu. Korban juga masih berusia 11 tahun.


Menurut Septyono Hariawan, korban saat ini berada di ruang rawat inap Nusa Indah. Korban mengalami luka serius pada bagian kepala.


"Benar, ada di kepala mengalami trauma. Istilahnya cedera otak ringan," kata pria yang karib disapa dokter Iwan ini.


Korban saat ini masih dalam tahap observasi dan langsung mendapat penanganan dari dokter spesialis bedah syaraf.


"Terkait penanganan berikutnya, kita akan lihat perkembangannya besok. Nanti yang menyampaikan berikutnya kondisi dari pasien. Besok juga akan disampaikan langsung oleh dokter yang menangani," ucapnya.


Tentang biaya pengobatan, menurut dokter Iwan, korban terdaftar sebagai pasien umum. Maksudnya, korban belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.


"Untuk proses perawatan di rumah sakit, korban masuk sebagai pasien umum (tidak menggunakan BPJS Kesehatan)," tandasnya.


Sebelumnya, kejadian ini berlangsung pada Senin (25/7/2022) malam. Insiden dalam atraksi tong setan itu sempat terekam video amatir. Ada dua video yang berdurasi 30 detik dan 18 detik. Kedua video ini beredar di sosial media dan WhatsApp dan viral.


Salah satu video menunjukkan detik-detik terjadinya kecelakaan dalam wahana hiburan tong setan. Diawali dari atraksi pengendara motor yang berkendara motor dalam posisi miring 90 derajat. Lalu, ia berputar-putar dalam lintasan yang berbentuk tong raksasa setinggi kurang lebih 4 meter.


Namun, saat melakukan aksinya, pengendara motor terjatuh. Motor Yamaha RX dalam aksi tong setan itu, melaju tak terkendali keluar lintasan dan menimpa penonton yang berada di atas arena.


Sedangkan dalam video lainnya, menunjukkan seorang perempuan berteriak histeris. Saat proses evakuasi korban, masuk ke dalam mobil ambulans.(detik/hans)