Menentukan Saat Paling Tepat Untuk Senam YOGA

Iklan Semua Halaman

Menentukan Saat Paling Tepat Untuk Senam YOGA

19/04/2022


 jurnalbesuki.com - Senam Yoga adalah jenis olah raga yang melibatkan seluruh unsur tubuh. Gerakan tubuh yang bergerak dan fikiran yang diolah adalah seni melakukan gerakan senam yoga. 


Latihan senam yoga selalu mengandalkan ke-fokus-an seseorang dalam melakukan gerakan. Secara umum, latihan ini fokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan. Itulah alasan mengapa senam yoga disebut baik untuk menjaga kesehatan fisik serta mental. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk melakukan jenis olahraga yang satu ini? 


Yoga menjadi salah satu jenis olahraga yang semakin populer, terutama di tengah pandemi COVID-19. Sebab, kamu bisa melakukan olahraga ini di rumah serta gerakan yang bisa dipraktikkan juga cenderung mudah. Namun jangan salah, ada juga gerakan yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah sangat familiar dengan olahraga ini. 


Manfaat dan Waktu Terbaik untuk Senam Yoga di Rumah 


Tidak berbeda dengan jenis olahraga lainnya, senam yoga juga bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika dilakukan secara rutin dan tepat, yoga bisa membantu membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh, menurunkan risiko terserang penyakit kronis, meningkatkan massa otot, memperbaiki postur tubuh, serta meningkatkan keseimbangan. 


Serta, jangan lupakan manfaat yoga untuk membantu menurunkan berat badan. Selain untuk kesehatan fisik, jenis olahraga ini ternyata juga bisa memberi manfaat bagi kesehatan mental. Rutin melakukan gerakan yoga disebut bisa membantu meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, mencegah stres, mengelola kecemasan, dan menurunkan risiko depresi. 


Kapan waktu terbaik melakukan senam yoga untuk mendapatkan manfaatnya? Sebenarnya, yoga bisa dilakukan kapan saja, asalkan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari dan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa orang mungkin memilih untuk melakukan olahraga yoga pada pagi hari, sore hari, atau malam hari setelah beraktivitas. 


Jika dilakukan di pagi hari, yoga dipercaya bisa membantu meningkatkan suasana hati alias mood seharian, sehingga bisa lebih bersemangat beraktivitas. Sementara olahraga yoga pada sore dan malam hari cenderung lebih cocok untuk orang yang terlalu sibuk di pagi hari. Pada malam hari, otot-otot tubuh akan lebih siap untuk menerima gerakan yoga, serta olahraga ini bisa membantu menurunkan tingkat stres setelah seharian beraktivitas. 


Manfaat yoga sebenarnya tidak akan berubah baik dilakukan pada pagi, sore, atau malam hari. Asalkan, olahraga ini dilakukan dengan cara yang tepat dan rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Imbangi juga dengan menerapkan gaya hidup sehat agar manfaatnya semakin terasa. Selain rutin berolahraga, lengkapi juga dengan konsumsi suplemen khusus untuk kebugaran.


Tips Bagi Pemula yang Ingin Mencoba 


Meski bisa dilakukan kapan saja dan tidak perlu keluar rumah, bukan berarti senam yoga bisa dilakukan sembarangan. Bagi pemula, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukan jenis olahraga ini. Jadi, manfaat yoga bisa didapatkan secara utuh dan risiko cedera bisa dihindari. Hal pertama yang paling penting adalah memilih gerakan yoga yang dilakukan. 


Bagi pemula, cobalah untuk melakukan gerakan-gerakan yang sederhana. Jangan memaksakan diri, sebab hal ini hanya akan meningkatkan risiko terjadinya cedera. Dalam melakukan senam yoga, hal yang penting diperhatikan adalah kemampuan tubuh serta sejauh mana kelenturan dalam bergerak. Hindari juga membandingkan pencapaian diri dengan orang lain dalam melakukan senam ini. (halodoc/hans)